Warisan Para Leluhur

Filed in dari redaksi by on 01/10/2009 0 Comments

Bagi masyarakat yang tinggal di pegunungan berketinggian 1070 m dpl itu, kerbau lambang kebesaran dan kekuatan. Nyawa sang kerbau dikorbankan sebagai pertanda mohon maaf pada para leluhur yang sempat menunjukkan kemarahannya melalui beberapa longsoran bukit.

 

Ritual adat Doal Kaba itu disaksikan oleh wartawan Trubus, Sardi Duryatmo ketika ia diberi tugas menjelajahi P. Flores. Selama perjalanan itu ia tidak hanya mengumpulkan aneka ragam informasi, tetapi sekaligus menjadi penyuluh lapangan. Di Desa Ekoleta, Kecamatan Detusoko, Kabupaten Ende, misalnya, masyarakat menghujaninya dengan beragam pertanyaan seputar teknik budidaya padi yang paling cocok untuk desa itu. SRI, system of rice intensification, pun diperkenalkan pada mereka sehingga produksi padi yang semula hanya 3 ton/ha diharapkan dapat melambung sampai 9 ton/ha.

Pembaca sekalian, masyarakat yang tinggal di dekat Danau Tiga Warna itu memang haus teknologi terapan. Di sana pestisida luar biasa langka dan mahal, sehingga hama dan penyakit tanaman bebas berkembang biak. Padahal di daerah terpencil itu bertebaran mimba Azadirachta indica dan babadotan Ageratum conyzoides. Keduanya bisa dipakai sebagai pestisida ramah lingkungan, tetapi terabaikan. Bahkan untuk mimba, empiris membuktikan daun tanaman anggota Meliaceae itu juga berkhasiat menurunkan kadar gula darah, mengatasi demam, dan penyakit kulit. Informasi manfaat tanaman dalam kehidupan sehari-hari memang belum tersebar secara merata. Itulah yang mendorong kami menerbitkan buku Infokit berjudul Herbal Indonesia Berkhasiat, Bukti Ilmiah dan Cara Racik. Buku setebal 492 halaman full color itu berisi beragam herbal berkhasiat obat, kandungan senyawa aktif, bukti ilmiah hasil penelitian institusi yang kompeten, mekanisme penyembuhan terhadap suatu penyakit, dan cara meracik. Ada pula bab khusus yang mengulas kiat membuat minuman tradisional peninggalan leluhur yang menyehatkan, sekaligus enak dinikmati. Anda tertarik? Silakan hubungi kami.

 

Salam,

 

Onny Untung

 

Powered by WishList Member - Membership Software