Varian Kemang

Filed in Buah by on 01/09/2014
Buah kemang Mangifera kemang,  kerabat mangga Mangifera indica

Buah kemang Mangifera kemang,  kerabat mangga Mangifera indica

Pohon setinggi 12 meter itu tampak menjulang tinggi di antara bangunan di halaman Fakultas Psikologi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST), Yogyakarta. Sepintas sosok tanaman itu menyerupai mangga. Namun, di antara rerimbunan daun itu, mencuat buah berwarna merah muda seukuran telapak tangan orang dewasa. Pakar botani di Bogor, Jawa Barat, Gregorius Garnadi Hambali, menduga pohon itu adalah varian kemang Mangifera kemanga. “Buah muda ada yang merah berbentuk seperti dadu,” kata Greg.

Kepala personalia Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST), Untung mengatakan, tanaman itu berumur 18 tahun. “Teman saya yang berasal dari Bali menyebut mangga ini sebagai mangga bali,” kata Untung. Pohon itu berbuah sekitar Maret saban tahun mengikuti musim mangga. Menurut Untung, saat matang buah itu beraroma seperti  durian. Daging buahnya sedikit berserat dan berair serta manis.

“Buah itu enaknya dibikin jus,” ucap pria kelahiran Karanganyar, 19 April 1960 itu. Produksi pohon rata-rata 150 buah. Untung tidak melakukan perawatan khusus. Petugas kebersihan kampus hanya menyiram tanaman itu setiap pagi sesuai jam kerja. (Bondan Setyawan/Peliput: Riefza Vebriansyah)

 

Powered by WishList Member - Membership Software