Tumpang Sari Avokad

Filed in Buah, Majalah by on 05/11/2020

Pemupukan sayuran seperti pakcoi dan brokoli sekaligus untuk avokad apenina.

Tumpang sari sayuran dan tanaman buah bukan hal yang baru. Namun, untuk perkebunan avokad terbilang jarang yang melakukan tumpang sari dengan sayuran. Apenri Nahar menumpangsarikan 300 pohon avokad dengan beragam sayuran seperti asparagus, buncis, pakcoi, dan tomat ceri. “Saya pernah melihat ada pekebun avokad yang menumpangsarikan dengan cabai,” kata pekebun avokad di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Budi Sutrisno.

<script async src=”https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js”></script>
<ins class=”adsbygoogle”
style=”display:block”
data-ad-format=”fluid”
data-ad-layout-key=”-6t+ed+2i-1n-4w”
data-ad-client=”ca-pub-4696513935049319″
data-ad-slot=”9938833539″></ins>
<script>
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
</script>

Menurut Budi perlu riset ilmiah untuk menentukan jenis-jenis sayuran yang tepat di kebun avokad. “Jangan sampai hama sayuran akan menganggu dan menjadi masalah pada pertumbuhan avokad,” kata Budi. Perawatan khusus untuk pohon Persea americana pun juga penting supaya pertumbuhan optimal, tanaman sehat, dan berbuah dengan kuantitas dan kualitas yang optimal. Selama ini apenina tahan berbagai serangan hama seperti ulat avokad dan lalat buah.

Pohon-pohon apenina di kebun yang terserang hama relatif sedikit. “Biasanya kalau ulat avokad menyerang tanaman, satu pohon bisa habis dedaunannya dimakan. Namun, di apenina meskipun ada yang terserang ulat avokad dengan sendirinya akan hilang sendiri dan tidak banyak merusak daun,” kata Apen. Begitu pula dengan lalat buah. Lazimnya bila buah terserang lalat buah, satu buah akan rusak.

Namun, buah apenina yang diserang oleh lalat buah hanya rusak di sekitar lubang masuknya lalat, “Jadi seperti terlokalisasi kerusakannya, tidak menyebar ke seluruh bagian buah,” kata Apen. Sifat-sifat apenina itu mempermudah Apen untuk merawat kebunnya, bahkan tanpa pestisida hama ulat dan lalat buah akan hilang sendirinya. Pengairan di kebun Apen menggunakan air pegunungan dan disalurkan melalui sprinkler yang beroperasi 24 jam. Di lahan 1.800 m2, Apen menggunakan 5 pemancar yang dirotasi. (Tamara Yunike)

Tags: ,

 

Powered by WishList Member - Membership Software