Transfer Teknologi dan Inovasi

Filed in dari redaksi by on 05/12/2014
Indira Kelana Devi (kerudung merah) dalam pelatihan hidroponik

Indira Kelana Devi (kerudung merah) dalam pelatihan hidroponik

Telepon seluler yang dibawa Indira Kelana Devi itu berkali-kali berdering. Setiap kali telepon berdering Devi segera mengangkat dan menyapa dengan ramah. Percakapan antara Devi dan para penelepon berkisar tentang jadwal acara, lokasi acara, biaya, pembicara, hingga konfirmasi keikutsertaan. Begitulah komunikasi Devi, anggota staf divisi pelatihan Trubus dan calon peserta pelatihan yang diselenggarakan Trubus. “Total peserta 42 orang,” tutur alumnus Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik itu tentang pelatihan hidroponik tanpa atap yang diselenggarakan pada 22 November 2014. Keterbatasan kuota menyebabkan sebagian peminat dialihkan pada pelatihan serupa pada Desember 2014.

Pembaca terhormat, divisi pelatihan Trubus terbentuk sejak 1995. Kehadirannya untuk menjawab kebutuhan transfer teknologi dan inovasi serta pengembangan wawasan di bidang pertanian, utamanya agribisnis. Setiap bulan minimal terselenggara 2 pelatihan berbagai komoditas. Sepanjang 2014 pelatihan hidroponik selalu dipenuhi peserta. Itu seiring dengan menggeliatnya tren berkebun tanpa tanah itu di masyarakat. Dari 9 angkatan pelatihan hidroponik sepanjang 2014 sejumlah peserta sudah terjun langsung berkebun dan berbisnis hidroponik.

Sejumlah pelatihan lain juga rutin terselenggara seperti hasilkan lele berkualitas, budidaya sayuran organik, jamur tiram, olahan kelapa dan limbahnya, serta bisnis dan budaya tanaman kayu seperti sengon dan jabon. Pada bulan ini misalnya akan diselenggarakan pelatihan bisnis dan budidaya ulat hongkong pada 6 Desember 2014 dan hidroponik pada 20 Desember 2014. Dalam setiap pelatihan peserta akan mendapatkan ilmu secara tuntas langsung dari pakar dan praktisinya.

Selain pelatihan reguler yang diikuti oleh peserta umum dari berbagai daerah di Indonesia, Trubus juga menyelenggarakan in-house training yang disediakan untuk peserta dari instansi swasta dan pemerintah. Di antaranya bank-bank swasta maupun pemerintah, perusahaan tambang dan minyak bumi, pemerintah daerah dan dinas terkait, serta kementerian. Pembaca, jika Anda berminat untuk mengikuti salah satu dari agenda pelatihan kami silakan menghubungi Devi dan Suci di nomor telepon 021-877 463 43-45, HP 0813 160 34009, PIN BB 28B9ADA4, email pelatihan@trubus-online.co.id.***

Salam,

Evy Syariefa

 

Tags: ,

 

Powered by WishList Member - Membership Software