Tes Kopi

Filed in Eksplorasi by on 01/11/2009 0 Comments

 

Fragrans

Menilai fragrans dengan mencium bubuk kopi sebelum diseduh, mengaduk, dan ketika sudah larut. Serbuk kopi hasil penggilingan ditaruh di dalam gelas tertutup selama 15 menit. Setelah itu buka penutup gelas dan ciumlah aroma yang keluar dari bubuk sebelum diseduh. Setelah diseduh, biarkan 3-5 menit, aduk 3 kali dengan sendok. Bubuhkan nilai dikartu skor.

Suhu 70oC

Seimbang

Ini dimulai saat serbuk kopi diseduh dan suhu 70o atau 8-10 menit pascaseduh. Seruput kopi panas itu dengan cepat, biarkan cairan menyentuh seluas mungkin rongga mulut dan lidah.

Flavor

Dinilai berdasarkan kombinasi yang dirasakan lidah dan aroma uap yang mengalir dari mulut ke hidung. Itu terjadi saat kopi diseruput dengan kuat hingga melibatkan langit-langit mulut.

Aftertaste

Lama bertahannya flavor positif di langit-langit belakang mulut setelah kopi dibuang atau ditelan. Jika aftertaste tidak enak dan langsung hilang, nilai pun rendah.

Suhu 60oC

Acidity

Saat suhu menurun menuju 60o, saatnya memulai menilai acidity atau rasa asam yang enak atau masam tidak enak. Rasa buah segar ketika kopi diseruput merupakan tanda keasaman yang baik. ‘Keasaman terlalu dominan dikategorikan tidak enak sehingga tidak layak dijadikan contoh,’ kata Ted.

Body

Penilaian body cairan kopi masuk ke dalam mulut, khususnya antara lidah dan langit-langit mulut. Kebanyakan body kental seperti kopi sumatera mendapatkan nilai tinggi. Kombinasi penilaian flavor, aftertaste, acidity, dan body-semua aspek itu dinilai pada suhu sama-menghasilkan nilai bagi balance. Aspek kurang atau lebih pada contoh akan mengurangi nilai balance.

Suhu 44oC

Sweetness

Dihitung dari rasa manis karena karbohidrat dalam kopi. Namun, rasa manis itu tidak seperti sukrosa dalam minuman ringan. Sour atau rasa mentah yang timbul dari kopi kebalikan dari sweetness.

Keseragaman

Jika satu mangkuk mempunyai aroma berbeda, maka nilai keseragaman rendah dan sebaliknya. Keseragaman merupakan inti penilaian dari uniformity.

Clean cup

Tidak adanya nilai negatif dari awal sampai aftertaste merupakan penilaian bagi clean cup. Ini dimulai dari aroma kopi sampai cairan kopi dibuang. Kopi tanpa rasa dan aroma disingkirkan dari penilaian.

Overall

Mencerminkan keseluruhan aspek yang dinilai. ‘Jika tidak memenuhi kriteria standar, walau menyenangkan ia mendapat nilai rendah,’ kata Ted. Penilaian harus dihentikan ketika suhu mencapai 16oC. Nilai yang diperoleh kemudian dijumlahkan.

Defects

Aroma negatif atau cacat mengurangi kualitas kopi. Defect terdiri atas 2 hal yakni taint dan fault. Taint bau tercemar dan mencolok pada aroma; fault berkaitan dengan aspek rasa tidak enak. Nilai akhir yang diperoleh menggambarkan golongan kopi yang dinilai.***

 

Powered by WishList Member - Membership Software