Tergoda Mawar Gurun

Filed in Majalah, Tanaman hias by on 04/03/2018
Tampilan adenium debby lebih sempurna dengan tiga warna.

Tampilan adenium debby lebih sempurna dengan tiga warna.

Adenium tumpuk terbaru tampil amat seronok.

Gadis desa berpenampilan menawan itu bernama Kleting Kuning. Sejatinya ia Dewi Candrakirana dari kerajaan Jenggala. Raja menitipkan Kleting Kuning di desa saat ibukota kerajaan genting. Kisah itu menginspirasi Rochmad Wiyono Supadmo memberi nama kleting kuning untuk adenium tumpuk terbarunya. “Walaupun asalnya dari pedesaan, bunga adenium itu bakal menjadi incaran pehobi,” kata penyilang adenium dari Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Adenium kleting kuning, warna dominan kuning cerah.

Adenium kleting kuning, warna dominan kuning cerah.

Bentuk bunga adenium kleting kuning unik lantaran bertumpuk tiga. Kelopaknya berjumlah 6 buah pada setiap lapisan. Kelopak paling bawah berukuran lebih panjang daripada lapisan di atasnya. Susunannya roset atau kelopak lapisan bawah tumbuh mengisi di antara sela atasnya. Itu menyebabkan sosok bunganya terlihat penuh dengan warna dominan kuning cerah. Rochmad mengatakan, adenium itu keturunan legend dan bunga jantan happy gold.

Adenium malika paduan warnanya yang gelap diminati para kolektor

Adenium malika paduan warnanya yang gelap diminati para kolektor

Triwarna
Legend adenium produksi Taiwan, sedangkan happy gold dari Thailand. Happy gold berwarna dasar putih bersemburat kuning di pusat kelopaknya. Adapun legend berwarna kuning dengan kombinasi merah. Kleting kuning mewarisi sifat genetik kedua induknya dengan ciri khas berwarna kuning solid dan semburat merah yang muncul dari petal. Proses perakitan bunga itu cukup panjang.

Rochmad Wiyono Supadmo terus berinovasi menciptakan silangan adenium bunga tumpuk berbentuk dan berwarna unik.

Rochmad Wiyono Supadmo terus berinovasi menciptakan silangan adenium bunga tumpuk berbentuk dan berwarna unik.

Pada 2015 Rochmad menyemai ratusan benih produk hasil perkawinan silang itu. Ia menyeleksi bunga berkualitas terbaik. Baru pada Juli 2017 ia mendapat bentuk bunga yang stabil seperti saat ini. “Kleting kuning penyempurnaan dari induknya,” kata Rochmad. Bentuk kelopak yang cenderung membulat di bagian tengah warisan legend. Namun, kini ia 3 tumpuk, lebih baik daripada induknya itu masih 2 lapisan. Rochmad kini memperbanyak kleting kuning.

Gradasi warna pada bunga membuat Dian Widiasih tertarik untuk mengoleksi adenium.

Gradasi warna pada bunga membuat Dian Widiasih tertarik untuk mengoleksi adenium.

Penyilang berusia 45 tahun itu juga menghasilkan bunga adenium debby. Adenium anyar itu hasil silangan double white asal Taiwan dan solo the purple hasil silangan Rochmad terdahulu. Warna bunganya dominan putih solid. Bagian tepi kelopak berwarna merah. Jumlah petal 5 buah berbentuk memanjang di setiap lapisannya. Rochmad sebenarnya mengharapkan paduan triwarna yaitu putih, merah, dan ungu.

“Ternyata setelah disilangkan, warna ungu tidak muncul. Jadilah seperti saat ini yaitu putih dan merah. Kalau saja ada ungu solid pada tepi petal, maka gradasi warnanya benar-benar sempurna,” ujar Rochmad. Susunan petal bagian atas yang berjumlah 5 buah berbentuk seperti bintang yang renggang, tetapi bagian bawahnya lebih rapat.

Silangan terbaru selanjutnya adalah adenium tumpuk tiga terdiri atas tiga warna. Namanya malika, hasil silangan special date dan kinanti. Kedua indukan itu hasil silangan Rochmad. “Tampilan malika istimewa karena berwarna merah dengan semburat putih keluar dari sepal. Namun, warna putih itu hanya keluar pada lapisan bagian paling bawah saja. Petal lapisan atas dan tengah warnanya lebih gelap,” ujarnya.

Silangan terbaru
Beberapa pehobi seperti Mufid di Kabupaten Gresik, Jawa Timur dan Dian Widiasih (Pekanbaru, Riau) mendatangkan adenium dari mancanegara. Setahun lalu, Mufid mendatangkan 2 tanaman berbunga tumpuk dari Malaysia dan Taiwan. Adenium bunga tumpuk dari Malaysia bernama lilo, sedangkan yang dari Taiwan berjuluk mid summer night. “Saya mendatangkan lilo dari Malaysia. Menurut penjualnya, indukannya berasal dari Thailand,” kata Mufid.

Adenium lilo silangan terbaru Thailand  koleksi Mufid.

Adenium lilo silangan terbaru Thailand koleksi Mufid.

Lilo menarik perhatian lantaran warnanya dominan putih bersemburat merah di bagian tengah kelopak. Warna merah makin solid pada lapisan terbawah bunga tiga tumpuk itu. Di bagian teratas, warna putih masih dominan. Mufid tertarik mendatangkan bunga itu karena bentuk bunga mirip mawar.

Bentuk kelopaknya yang bergelombang di bagian tepi dan bersusun saling mengisi. Kini sedikit pehobi adenium tanah air yang memiliki lilo. Mid summer night berbunga merah muda. Di tengah-tengah kelopak muncul corak berbentuk garis berwarna merah tua solid berasal dari pusat kelopak ke arah ujung. Ada semburat merah berbentuk mirip corak pembuluh darah manusia.

“Warna itulah yang membuat warna bunga menjadi lebih semarak. Bunga telihat tidak membosankan warnanya, bahkan akibat gradasinya itu menjadi pola nyala api dari tengah bunga,” ujar Mufid. Kelopak mawar gurun alias adenium mid summer night membulat dan terdiri atas dua tumpuk. Saat kelopak bagian atas belum terbuka sempurna, maka menjadikan bunga terlihat seperti baling-baling.

Dian Widiasih mendatangkan adenium tumpuk musela dari Jakarta pada Oktober 2017. Ia mengatakan, bunga berwarna kombinasi kuning dan merah putih itu sejatinya dari Taiwan. Keelokannya terletak pada paduan warna yang kontras. Gradasi kuning solid pada ujung hingga bagian tengah disusul dengan merah pada pusat kelopak. Bentuk ujung kelopak yang keriting menambah keindahan bunga.

Mufid dan Dian tertarik mendatangkan adenium dari Thailand lantaran kecantikan motif dan coraknya. Selain itu, tanaman rajin berbunga. Bunga adenium tumpuk produksi Thailand umumnya bentuk sosok bundar. Kelopaknya juga membulat di bagian tepinya, sehingga lebih mirip mawar. “Warna beragam, membuat saya tidak ragu untuk mengoleksinya,” ujar pehobi adenium asal Gresik itu. (Muhammad Hernawan Nugroho)

Tags: , ,

 

Powered by WishList Member - Membership Software