Tengah Malam di Sungai Kampar Kiri

Filed in dari redaksi by on 01/03/2011

Dua wartawan Anda, Sardi Duryatmo dan Dian Adijaya Susanto, terpaksa menanti di perahu kecil yang panjangnya 5 m dengan bagian terlebar cuma 1 m. Proses panen madu hutan yang sudah lama diincar di rapat redaksi tidak dapat direkam dengan leluasa. Hanya beberapa foto yang berhasil diambil. Harap maklum, panen madu hutan di malam hari sebenarnya tidak boleh dipotret memakai lampu kilat. Soalnya, cahaya lampu kilat bisa berakibat fatal bagi pemotret. Lebah-lebah hutan akan menyerbu sumber cahaya yang terlontar dari blitz.

 

Malam itu, para pemanen berhasil membawa pulang 15 sarang lebah penuh madu hutan. Hasil yang lumayan dan setimpal untuk perjalanan menyusuri sungai selama 2,5 jam. Kehujanan tanpa bisa berteduh di tengah malam dan patahnya baling-baling kapal gara-gara menabrak kayu besar yang hanyut, menjadi percikan kecil dari mengikuti perburuan madu hutan di Kabupaten Kampar, Riau.

Pembaca yang terhormat, hasil liputan dua wartawan Anda itu dapat dinikmati di rubrik eksplorasi. Rangkaian tulisan di rubrik eksplorasi mendampingi topik utama edisi ini, yakni kupasan khasiat daun sirsak oleh para dokter. Bagi Anda yang berminat mendalami khasiat daun sirsak, silakan ikuti pelatihannya: Khasiat dan Cara Olah Sirsak yang diselenggarakan pada 12 Maret 2011. Pelatihan lain yang kami gelar ialah: Budidaya Gurami, Patin dan Nila (26 – 27 Maret); Budidaya Jamur Merang Skala Rumahtangga (19 – 20 Maret); Kiat Sukses Budidaya Puyuh Unggul (19 – 20 Maret); Produksi Tepung Singkong, Tepung Ubijalar & Gula Cair (26 – 27 Maret) serta Raup Untung dari Ayam Kampung Petelur dan Pedaging (12 – 13 Maret). Untuk info mendetail silakan hubungi: Suci/Wati/Eny di telephon 021-8729060, 87701748, Hp 081316034009, faks 021-8729059, email: pelatihan@trubus-online.com.

 

Salam,

Onny Untung

 

 

Wartawan Trubus, Sardi Duryatmo (berkaos hijau) susuri Sungai Kampar Kiri, Provinsi Riau


 

Powered by WishList Member - Membership Software