Teknologi Jadi Ahli Tani

Filed in dari redaksi by on 04/07/2014
Trubus hadir dan melaporkan teknologi terbaru di Penas

Trubus hadir dan melaporkan teknologi terbaru di Penas

Pesta akbar dunia pertanian ke-14 Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (Penas KTNA) sukses digelar di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Ketua KTNA, Ir Winarno Tohir, mengatakan pada setiap Penas selalu ada teknologi terbaru. Tujuannya untuk mendukung pengembangan usaha para pelaku agribisnis di seluruh Indonesia.

Tengok saja pada Penas yang dibuka oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sejumlah varietas baru komoditas pangan dan hortikultura dipamerkan di lahan seluas
20 ha. Belum lagi sejumlah alat mesin pertanian yang menghemat biaya dan meningkatkan hasil pertanian. Gelar teknologi terkini di bidang hidroponik yang menyita perhatian khalayak pun tidak ketinggalan. Semua bertujuan meningkatkan produksi, menghemat biaya, memperbaiki kualitas produk agribisnis yang ujungnya meningkatkan kesejahteraan para pelaku. Bagi Winarno, “Kesejahteraan petani harga mati.”

Pembaca terhormat untuk itu wartawan Anda, Argohartono Arie Raharjo, Rosy Nur Apriyanti, dan Syah Angkasa melaporkan teknologi-teknologi aplikatif itu langsung dari Malang dalam rangkaian tulisan topik edisi ini. Laporan mereka akan berlanjut pada edisi-edisi mendatang.

Topik utama tentang inovasi dari dan untuk pelaku agribisnis itu dilengkapi dengan sajian kontes akbar para penggemar perkutut. Dalam konkurs Piala Asean perkukut milik pehobi tanahair mengalahkan para pesaing dari Malaysia, Thailand, dan Singapura. Pemilik perkutut juara dipastikan akan mendulang rupiah karena anak si jawara diincar dengan harga puluhan juta rupiah. Tak lupa sebuah artikel yang pas dibaca pada bulan Ramadan tentang manfaat daun mint selama berpuasa. Selamat membaca. ***

 

Powered by WishList Member - Membership Software