Tarsius Baru

Filed in Eksplorasi, Majalah by on 08/08/2016
Tarsius wallacei, spesies yang ditemukan pada 2010 di Sulawesi Tengah, oleh tim peneliti dari Jerman, Indonesia, dan Amerika Serikat

Tarsius wallacei, spesies yang ditemukan pada 2010 di Sulawesi Tengah, oleh tim peneliti dari Jerman, Indonesia, dan Amerika Serikat

Sejak 2010 Indonesia memiliki sepuluh jenis tarsius. Sembilan dari sepuluh tarsius itu berada di Pulau Sulawesi, termasuk spesies yang baru ditemukan. Sebelumnya Indonesia mempunyai sembilan tarsius. Tim peneliti dari tiga negara (Jerman, Indonesia, dan Amerika Serikat) yang terdiri dari Stefan Merker, Christine Driller, Hadi Dahruddin, Wirdateti, Walberto Sinaga, Dyah Perwitasari-Farajallah, dan Myron Shekelle menamakan satwa endemik itu Tarsius wallacei.

Menurut salah satu tim peneliti dari Pusat Penelitian Biologi, Bidang Zoologi, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Ir Wirdateti MSi, secara morfologi sulit membedakan tarsius wallace dengan hewan sejenis. Pembedanya adalah ukuran tengkorak, identifikasi secara genetik, dan suara atau vokalisasi. Tim peneliti menemukan hewan nokturnal itu di Desa Uwemanje, Kecamatan Kinavaro, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.

Sebetulnya ada dua wallace yang berbeda vokalisasi yaitu yang menghuni bagian utara (tinombo accoustic form) dan penghuni bagian selatan (uwemanje accoustic form). Keduanya dipisahkan Teluk Palu. Kedua wallace itu hanya berbeda ukuran. Sementara warna rambut, ekor, vokalisasi, dan komposisi genetik sama persis. Panjang kepala—tubuh wallace 11,3—12,4 cm dan ekornya sepanjang 23,6—26,6 cm.

Bobot wallace-koboldmaki—sebutan wallace di Jerman—jantan berkisar 100—124 g, sedangkan betina 84—116 g. Dengan kata lain wallace jantan lebih besar daripada betina. Wallace dapat dijumpai di hutan primer, sekunder, dan terdegradasi dekat Tinombo, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah. Satwa arboreal itu juga mengonsumsi serangga sama seperti tarsius lainnya. (Riefza Vebriansyah)

Tags: ,

 

Powered by WishList Member - Membership Software