Tangkarkan Anis Merah

Filed in klinik satwa by on 01/04/2013 0 Comments
  1. Anis merahBagaimana cara menjodohkan burung anis merah dan apakah penangkarannya bisa dilakukan di rumah?
  2. Bagaimana cara merawat anis merah yang masih liar menjadi burung kicauan kelangenan?
  3. Bagaimana pemberian pakan yang baik?
Ahmad Subandi
Panyileukan, Kota Bandung,
Provinsi Jawa Barat

Anis merah

Frans A. Djaya

  1. Menjodohkan anis merah sebaiknya dengan anis berbeda jenis. Misalnya anis merah dengan anis kembang. Penjodohan sebaiknya selalu dengan pasangan yang sama. Misalnya jantan A dengan betina B saja, jangan jantan A dengan betina B dan C. Cara menjodohkan, mula-mula biarkan kedua anis melakukan kegiatan bersama dan berdekatan, misalnya kegiatan mandi dan berjemur. Kecocokan di antara keduanya ditandai dengan sahut-sahutan. Selain itu berikan pakan berupa jangkrik untuk meningkatkan hormon seksualitas burung. Pada prinsipnya semua burung termasuk anis merah dapat ditangkarkan di rumah, tinggal dihitung untung dan ruginya. Biasanya orang menangkarkan anis merah untuk mendapatkan anakan untuk dijual.
  2. Pada dasarnya anis merah memang untuk burung berkicau. Pemeliharaan anis liar dari alam sama seperti pada anis yang sudah jinak. Biasakan anis berada di tempat yang mudah dilihat orang sehingga anis merah liar tidak canggung saat dibawa ke ajang lomba. Dalam waktu 3—4 bulan, anis merah liar sudah dapat berkicau seperti anis jinak. Namun jika ingin performa anis merah maksimal, butuh pemeliharaan 6 bulan hingga 1 tahun baru ikutsertakan lomba.
  3. Pakan yang baik untuk anis merah ialah pakan bergizi, yaitu serangga, pur, dan buah lokal. Berikan pakan serangga (jangkrik) 3—5 ekor per hari. Pemberian pur 3 hari sekali, porsi sebanyak tempat pakan. Berikan pula buah-buah lokal seperti pepaya dan pisang setiap hari. Pada musim panas, perbanyak pemberian voer dan pepaya (buah lokal). Sementara di musim hujan perbanyak jangkrik sebagai penghangat suhu tubuhnya. ***
 

Powered by WishList Member - Membership Software