Tanaman Andalan Pasok Pasar

Filed in Laporan khusus, Majalah by on 07/01/2019

Frank van Suchtelen (kedua dari kanan, berjas) memandu para jurnalis dari mancanegara mengikuti tur internal.

Peserta ekshibisi internasional GrootGroenPlus 2018 memiliki tanaman andalan untuk memasok pasar.

Tanaman oak pin Quercus palustris membentuk atap. Di bagian lain tanaman hornbeam Carpinus betulus membentuk layar datar setinggi lebih dari 2 m. Itulah panorama di nurseri Mabo Boomkwekerijen yang sohor memproduksi tanaman topiari. Frank van Suchtelen—pemandu tur—mengajak para jurnalis dan tamu internasional yang mengikuti tur internal GrootGroenPlus 2018 pada 3 Oktober 2018 mengunjungi stan nurseri yang berkantor di Randwijk, Gelderland itu.

Quercus palustris bertajuk atap kreasi Mabo Boomkwekerijen.

Menurut Frank nurseri itu memproduksi sekitar 30.000 tanaman per tahun. Nurseri itu memanfaatkan 250 jenis spesies seperti Acer platanoides, Betula pendula, Carpinus betulus, Fagus sylvatica, Gleditsia triacanthos, dan Liquidambar styraciflua. Selain itu ada juga jenis tanaman hias spesial seperti Asimina trilobata dan Nyssa aquatica.

Spesialis topiari

Nurseri Mabo Boomkwekerijen memiliki lahan terbuka sekitar 15 hektare dan lebih dari 2 hektare lahan berisi tanaman dalam pot. Para pekerja membudidayakan tanaman hias dan taman di kantong tanam khusus selama setahun. Setelah itu tanaman siap dijual. Budidaya dalam kantong tanam membuat pertumbuhan tanaman seragam termasuk tinggi dan bentuk topiari.

Selanjutnya Frank mengajak rombongan tur ke stan Vandamme Sierplanten BVBA yang menghadirkan semak hias berkualitas dalam pot bervolume 3—20 liter. Stan bernomor G063 itu menyediakan beragam jenis tanaman berdaun jarum atau konifer dan tanaman pembatas.

Yang terpenting Vandamme Sierplanten BVBA memperoleh sertifikasi kesinambungan dan lingkungan (environment) MPS-ABC dengan nilai A+ dari lembaga sertifikasi di Belanda, MPS Foundation. Berkat sertifikasi itu Vandamme Sierplanten BVBA dapat menyasar konsumen yang menyukai produk ramah lingkungan.

Kunjungan ke nurseri tanaman di sekitar Zundert salah satu agenda rutin para jurnalis ketika meliput GrootGroenPlus 2018.

Dengan kata lain jangkauan pemasaran produk menjadi lebih luas dibandingkan dengan poduk tanpa label itu. Sertifikasi itu tidak hanya berlaku di Belanda dan Belgia, tapi juga diakui di dunia. Digiflor BVBA adalah stan berikutnya yang dikunjungi jurnalis yang meliput pameran tanaman hias dan taman di Zundert, North Brabant, Belanda, GrootGroenPlus 2018.

Digiflor BVBA nurseri produsen azalea, rhododendrons, dan pieris. Kualitas, keseragaman, dan kontinuitas adalah 3 prinsip kerja nurseri asal Lochristi, Belgia, itu. Kunjungan terakhir tur internal adalah mengunjungi stan Bunk Pflanzen.

Nurseri asal Jerman itu fokus mengembangkan tanaman langka dari biji seperti Idesia polycarpa dan Calycanthus floridus. Idesia anggota famili Salicaceae berasal dari Asia Timur seperti Jepang dan Korea. Calycanthus floridus berbunga elok berasal dari Amerika Utara. Menanam dari biji membuat tanaman lebih kuat serta tahan menghadapi penyakit dan cuaca dingin. Bunk Pflanzen juga memperbanyak tanaman hutan seperti poplar dan wilow.

Jaringan konsumen

Selain mengunjungi stan peserta pameran GrootGroenPlus 2018, Frank mengajak para jurnalis mengunjungi beberapa nurseri di sekitar Zundert. ESRI Potcultuur di Rijsbergen salah satu tempat yang didatangi. Nurseri yang didirikan pasangan suami istri Johan dan Agnes itu memproduksi beragam tanaman hutan dan pembatas di lahan 3 hektare yang berisi pot-pot dan rumah tanam (greenhouse) seluas 1.300 m².

Nurseri Vandamme Sierplanten BVBA memperoleh sertifikasi kesinambungan dan lingkungan (environment) MPS-ABC dengan nilai A+ dari lembaga sertifikasi di Belanda, MPS Foundation.

Total jenderal terdapat sekitar 700.000 pot di tempat itu. Mereka menjual tanaman dalam pot bervolume 1,3—2 liter. Selama bertahun-tahun Johan dan Agnes membangun jaringan konsumen yang meliputi pekebun, pemilik nurseri, dan pedagang. Mayoritas produk ESRI Potcultuur dibeli pemerintah kota melalui beberapa distributor. Itu menunjukkan rantai tata niaga di tempat itu berjalan sebagaimana mestinya.

Boomkwekerijen Zundert menggunakan mesin untuk menanam agar efektif dan efisien.

Produsen fokus memproduksi produk terbaik, sedangkan pedagang bertugas memasarkan. Setelah puas berkeliling ESRI Potcultuur, bus mengantarkan rombongan ke Boomkwekerijen Zundert. Fokus utama nurseri yang berdiri sejak 1990 itu menyediakan batang bawah, tanaman pembatas, dan bibit berkualitas. Target konsumen mereka adalah eksportir.

Area penanaman 20 hektare yang subur cocok dengan moto Boomkwekerijen  Zundert yaitu well rooted. Selain kedua nurseri itu, rombongan tur pun singgah di Boomkwekerij De Raamberg yang memproduksi batang bawah aneka tanaman seperti beragam Acer sp. Sementara E. van Dijk VOF memproduksi tanaman konifer dan semak dalam pot. (Riefza Vebriansyah)

Tags: , , , , , , ,

 

Powered by WishList Member - Membership Software