Tanam Pepaya

Filed in pakar menjawab by on 08/03/2013

Saya pemula dalam budidaya tanaman buah. Saya berencana untuk menanam pepaya.

  1. Pepaya jenis apa yang  cocok untuk saya budidayakan?
  2. Hal-hal apa saja yang  perlu diperhatikan terutama pada tahap awal penanaman?

 

Bharata Gde
Klungkung, Bali

Sobir PhD

Sobir PhD

Sobir PhD

  1. Semua jenis pepaya cocok untuk ditanam oleh siapa pun. Yang perlu diperhatikan ialah lokasi budidaya dan potensi pasar. Pepaya tumbuh optimal pada ketinggian 500 meter di atas permukaan laut (m dpl).  Pilihlah jenis pepaya yang laku di pasaran.
  2. Buat lubang tanam berukuran 60 cm x 70 cm. Masukkan 10—20 kg pupuk kandang dan 1,5—1 kg kapur. Diamkan lubang tanam selama 1 minggu. Sembari itu kecambahkan benih pepaya (biji pepaya).  Rendam benih dengan PGPR (plant growth promoting rhizobacteria) selama 15 menit. Kemudian tanam benih dalam polibag setinggi 20 cm.

Waktu pindah tanam ke lapang sebaiknya pada musim hujan. Biasanya pada umur 3 bulan pascatanam tanaman sudah mulai belajar berbunga. Jika pada masa pembungaan tanaman kekurangan air maka biasanya lebih banyak bunga betina yang muncul. Sementara bunga yang dikehendaki ialah bunga hermaprodit.

Berikan pupuk NPK sebanyak 100 g per pohon per bulan. Tambah takarannya menjadi 200 gram ketika tanaman memasuki fase berbuah. Selain itu berikan 20 kg pupuk kandang per pohon 2 kali setahun yaitu ketika akhir musim hujan dan akhir musim kemarau. Dalam pertumbuhannya tanaman pepaya membutuhkan 200 liter air per minggu. Kebutuhan itu bisa dipenuhi dari air hujan dan penyiraman. Ketika musim kemarau penyiraman cukup 2 hari sekali.

Tanaman pepaya mudah terserang hama dan penyakit. Untuk mengatasi kutu putih dapat menggunakan larutam 5% air sabun cuci pakaian (5 gram per 1 liter air). Caranya dengan mengaplikasikan ke bagian yang terserang dengan frekuensi 3 hari sekali. Biasanya dalam 2 minggu hingga 1 bulan kutu putih hilang. Sedangkan untuk mengatasi antraknosa dan Erwinia papayae dengan penyemprotan fungisida mengandung bahan aktif mane atau mangkusep. ***

 

Powered by WishList Member - Membership Software