Tamu dan Topik Ganda

Filed in dari redaksi, Rubrik Tetap by on 01/09/2019

Satu per satu pegawai Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat memasuki kantor redaksi Majalah Trubus di Kota Depok, Jawa Barat. Mata mereka—total 22 orang—mengamati kover atau gambar sampul Majalah Trubus yang dibingkai di dinding bercat putih. Ukurannya sangat besar, dua kali ukuran majalah yang sebenarnya. Foto-foto hasil karya wartawan Trubus seperti durian pelangi, jambu air king rose, dan binahong menghiasi dinding redaksi Majalah Trubus.

Kunjungan pegawai Dinas Perkebunan pada 24 Juli 2019 pagi itu untuk mempelajari manajemen produksi Majalah Trubus. Mereka berangkat dari Kota Bandung, Jawa Barat, pada pukul 05.15 dan tiba di kantor Majalah Trubus pukul 09.20. Wartawan Trubus Sardi Duryatmo menjelaskan sejarah perkembangan Majalah Trubus, alur naskah, dan manajemen produksi. Sehari sebelumnya Sardi Duryatmo memberikan materi teknik penulisan untuk media massa di ruang rapat Dinas Perkebunan.

Pekan sebelumnya Majalah Trubus juga menerima kunjungan Michal Golos, mahasiswa program doktor School of Biological Sciences University of Bristol, Inggris. Golos tengah meriset kantong semar Nepenthes sp. di Indonesia. Ia memerlukan dokumentasi dan foto kantong semar hasil liputan wartawan Majalah Trubus di berbagai lokasi. Majalah Trubus menyimpan foto beragam keanekaragaman hayati di Indonesia untuk keperluan publikasi.



Pembaca yang terhormat, di antara tenggat para wartawan Majalah Trubus memang terbiasa menerima tamu yang berkunjung. Kami memanfaatkan kunjungan mereka untuk berdiskusi. Pada Trubus edisi September 2019 ini, kami menghadirkan topik durian. Informasi panen raya durian di Malaysia juga kami terima dari narasumber yang biasa datang ke kantor kami. Setelah memperoleh informasi itu Imam Wiguna cekatan menyusun peliputan ke Malaysia.

Alumnus Universitas Padjadjaran itu mengunjugi beberapa kebun dan kedai durian unggulan di Pulau Pinang, Malaysia. Sementara Riefza Vebriansyah mengunjungi sentra-sentra itik di Jawa Timur. Hasil liputan mereka yang mendalam dan komprehensif kami sajikan untuk para pembaca di rubrik topik. Majalah Trubus edisi September 2019 istimewa antara lain karena terdapat dua topik, yakni durian dan pembesaran itik.

Penggemukan itik menarik karena durasinya singkat setelah munculnya itik-itik unggul. Pangsa pasar juga terus tumbuh. Tertarik menggeluti bisnis pembesaran itik? Segera bergabung dengan peserta lain untuk mengikuti pelatihan pembesaran itik. Kami juga menyelenggarakan pelatihan lain seperti budidaya ikan dewa serta budidaya moringa dan pengolahannya.***

alam,

Sardi Duryatmo

Tags: ,

 

Powered by WishList Member - Membership Software