Tak Main-main Demi Maine

Filed in Uncategorised by on 01/08/2012 0 Comments

Lucky Hakim

Aktor Lucky Hakim jatuh hati pada kucing jumbo berambut panjang.

 

Jalan di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada malam Idul Fitri 1432 H itu padat oleh mobil yang mengular. Kemacetan tak mengurungkan niat aktor sinetron, Lucky Hakim, untuk pulang ke Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat. Ia bergegas pulang dari kawasan wisata itu setelah mendapat kabar bahwa seekor kucing maine coon miliknya yang tengah hamil 2 bulan terlihat gelisah di dalam kandang.

Pada umur kehamilan itu seharusnya kucing sudah melahirkan. Namun, hingga saat itu induk belum juga melahirkan. “Karena itu saya bergegas pulang. Kucing saya biasanya lebih tenang kalau ada saya. Kalau tenang bisa lancar melahirkan,” katanya. Namun, ketika tiba di rumah sang induk ternyata kesulitan melahirkan. Lucky buru-buru membawa klangenannya itu ke dokter hewan untuk operasi caesar. Sang jabang bayi akhirnya lahir dengan selamat.

Kucing raksasa

Begitulah kasih sayang Lucky kepada maine coon peliharaannya. Saking sayangnya pada kucing raksasa, ayah satu anak itu sampai membeli satu rumah khusus untuk tempat menetap 30 maine coon miliknya. Di sebuah kamar tidur berukuran 16 m2 terdapat 6 kandang  masing-masing berukuran 150 cm x 80 cm x 40 cm. Lucky melengkapi kamar itu dengan pendingin ruangan dan alat pengatur kelembapan udara.

“Maine coon berasal dari negara subtropis, jadi suhu kandang tidak boleh terlalu panas dan lembap,” ujar artis yang kini juga menjadi produser itu. Lucky tertarik merawat maine coon karena sosok tubuhnya yang jumbo. Tinggi maine coon dewasa mencapai 75 cm. Panjang dari ujung kepala sampai ekor 120 cm. Ukuran itu 1,5 kali ukuran kucing persia. Lucky pertama kali merawat maine coon pada 2009.

Ketika itu ia memperoleh kucing asal Amerika utara itu dari sebuah cattery di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat. Ia merogoh kocek Rp14-juta untuk membeli seekor anakan umur 4 bulan. Bahkan, Lucky juga rela membeli maine coon betina dewasa seharga Rp25-juta saat Hector-nama maine coon jantan-mulai menunjukkan gelagat ingin kawin.

Pengorbanan Lucky mengeluarkan biaya mahal demi klangenannya itu terbayar lunas saat pasangan maine coon pertamanya berhasil melahirkan 5 anak. Saking gembiranya, ia lalu mengunggah foto-foto anakan maine coon itu di perangkat pengiriman pesan telepon pintar miliknya. Tak disangka seorang kerabat Lucky tertarik membeli anakan kucing yang kerap disebut american longhair itu dengan harga Rp7-juta per ekor. Sang kerabat lalu menjual kembali anakan kucing itu dengan harga lebih mahal, yakni Rp13-juta.

Walau berharga relatif mahal, ternyata anakan kucing yang pandai berburu itu laris manis dalam sepekan. “Ini peluang usaha yang bagus,” ujar Lucky. Sejak itulah Lucky terus berburu indukan dari beberapa penangkar dan pehobi untuk menghasilkan maine coon berdarah murni.

Mudah

Kini Lucky memiliki 4 induk jantan dan 6 indukan betina. “Dalam setahun induk betina maine coon bisa 2 kali beranak,” katanya. Total sudah ada 30 ekor maine coon yang menghuni kediaman Lucky. Artis yang juga hobi mengoleksi reptil itu juga memelihara 10 kucing persia.

Beberapa induk kucing persia sering kali menjadi “ibu asuh” bagi maine coon. Saat musim kawin dan melahirkan tiba, Lucky “menitipkan” beberapa anakan kucing asal kota Maine, Amerika Serikat, itu kepada induk persia yang sedang menyusui. “Tujuannya agar anak maine coon mendapatkan susu yang cukup sehingga pertumbuhannya baik,” ujarnya. Maklum, sekali beranak induk maine coon bisa melahirkan hingga 7 ekor.

Lucky khawatir ada anakan yang tidak mendapatkan cukup susu karena bersaing dengan anakan lain. Agar persia mau menyusui anakan maine coon, begitu lahir langsung disusukan ke induk persia yang sedang meyusui. Setiap anak yang lahir, Lucky mendaftarkan kucingnya ke Indonesian Cat Association (ICA) untuk memperoleh akte kelahiran dan daftar silsilah. Dengan begitu perkawinan sedarah dapat dicegah. “Kalau sampai kawin sedarah, kualitasnya menurun,” kata artis yang juga hobi merawat anjing pitbull itu. Induk maine coon produktif hingga umur 6 tahun. Pada usia itu induk harus istirahat.

Kini Lucky kewalahan melayani permintaan anakan maine coon dari beberapa rekan sesama pehobi kucing. “Kucing masih dalam kandungan saja sudah ada yang memesan anakannya,” katanya. Padahal, Lucky menjual anakan umur 2 bulan dengan harga Rp12-juta per ekor. Maklum, hingga kini penangkar maine coon masih jarang. Oleh karena itu pantas bila kucing raksasa itu bukan hanya menjadi tambatan hati Lucky, tapi juga sumber rezeki. (Pranawita Karina)

Rawat Raksasa

Maine coon sohor dengan sebutan american longhair karena memiliki bulu yang lebat dan panjang. Meski begitu, Lucky Hakim tak kesulitan merawatnya. “Asalkan kandang dan tempat bermain kucing terjaga kebersihannya, kucing tak perlu sering mandi. Toh dia bisa membersihkan diri sendiri,” ujar Lucky. Ia juga tak memandikannya terlalu bersih, cukup menggunakan sampo. Tujuannya agar bau tubuh yang menjadi identitas kucing tetap terjaga sehingga insting kucing tidak hilang.

Namun, maine coon rentan terkena flu, apalagi saat anakan sampai berumur 6 bulan. “Lima kucing saya mati karena flu,” kata aktor itu. Lucky mencegahnya dengan memberikan vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh kucing. Bila anak kucing terserang flu, pria kelahiran Jakarta itu memberikan 2,5 ml antibiotik selama sepekan, kucing dewasa 3-3,5 ml.

Sebagai sumber nutrisi, Lucky memberikan pakan impor. Ia menghabiskan Rp10-juta untuk membeli pakan dalam sebulan. Menurut Lucky porsi makan anak kucing sampai berumur 4 bulan 60% lebih banyak daripada porsi makan kucing dewasa. Dengan begitu anakan tumbuh baik dan berkualitas prima. (Pranawita Karina)

 

Keterangan Foto :

  1. Ukuran maine coon yang besar menarik perhatian Lucky Hakim
  2. Sebelah kiri, kucing maine coon dan sebelah kanan kucing persia. Keduanya berusia 2 bulan. Ukuran maine coon 1,5 kali persia
  3. Maine coon jantan kehilangan bobot tubuh saat musim kawin
  4. Anakan meine coon harus disusui induknya sampai umur 2 bulan
 

Powered by WishList Member - Membership Software