Surga Durian

Filed in dari redaksi by on 01/01/2014

Perjalanan itu dimulai dari Desa Balaikarangan, Kecamatan Sekayam, Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat. Berkendaraan roda empat wartawan Anda, Imam Wiguna, berangkat bersama rombongan eksplorasi durian balaikarangan menuju sentra-sentra durian ternama di sepanjang Sungai Sekayam. Harap mafhum itulah salah satu gudang durian top di Nusantara. Di sana pernah lahir durian terung berukuran kecil tapi maknyus benar dengan daging buah nan tebal dan bercitarasa manis.

Di tengah perjalanan rombongan turun dari mobil dan berganti kendaraan menjadi truk bak terbuka karena mobil tidak bisa melalui jembatan yang tengah diperbaiki. Beberapa kali rombongan turun dari truk lalu menaiki ketinting—perahu kecil berkapasitas 4—5 orang—supaya bisa mencapai lokasi durian yang dituju. Sepuluh jam berlalu rombongan setidaknya mendapatkan 12 durian unggul dalam perjalanan pada pertengahan Desember 2013 itu. Semuanya menggetarkan kelenjar saliva karena rasanya yang enak.

Pembaca terhormat, eksplorasi ke sentra durian di tepian Sungai Sekayam itu menjadi laporan khusus kami pada edisi ini. Masih di rubrik yang sama hadir pula tulisan tentang durian-durian jawara yang berlaga di kontes durian di Balaikarangan sehari setelah eksplorasi. Menurut Karim Aristides, seorang juri, durian-durian peserta sungguh istimewa karena rata-rata berdaging buah tebal: sesuatu yang diidamkan para maniak durian. “Ini fantastis!” kata penemu durian pelangi itu. Para pemenang layak bertarung di pentas nasional seperti Lomba Buah Unggul Nasional 2013—2014.

Kami menghadirkan tulisan tentang sang raja buah itu untuk mendampingi topik utama tentang peluang pasar sayuran hidroponik dan rubrik tekno tentang piawainya Taiwan jadi jagoan produsen buah. Untuk itu selamat menikmati sajian kami. Selamat Natal dan Tahun Baru 2014. ***

 

Salam

 

Evy Syariefa

 

Powered by WishList Member - Membership Software