Stop Metastasis Kanker

Filed in Obat tradisional by on 02/05/2013 0 Comments
“Rata-rata pasien kanker yang datang kepadasaya memang mengalami metastasis ke tulangbelakang,” ujar dr Paulus Wahyudi Halim, Med Chir

“Rata-rata pasien kanker yang datang kepada saya memang mengalami metastasis ke tulang belakang,” ujar dr Paulus Wahyudi Halim, Med Chir

Kanker di payudara itu menyebar hingga ke otak. Daun sirsak menghentikan.

Nila Suhartini—nama samaran—tak menyangka benjolan seperti jerawat di payudara itu membawanya ke dalam sebuah penderitaan panjang. Awal 2007 ia menemukan sebuah benjolan kecil di payudara kiri, tapi tak ia hiraukan. Nila hanya mengolesi benjolan itu dengan air liur seperti kebiasaan di keluarga yang dilakukan turun-temurun.

Beberapa bulan kemudian Nila menemukan benjolan di payudara semakin membesar dan menimbulkan rasa sakit di saat-saat tertentu. Ia pun mengeluhkan kondisi itu kepada Desi Sumarni, sang adik yang tinggal bersamanya. “Besarnya benjolan itu sudah setara dengan kacang tanah,” kata Desi yang segera mengajak sang kakak memeriksakan diri ke sebuah rumahsakit di ibukota.

Hasil pemeriksaan ultrasonografi (USG) sungguh mengejutkan. Dokter mendiagnosa Nila menderita kanker payudara stadium 2B. Kesimpulan yang sama juga diperoleh ketika Nila memeriksakan diri ke rumahsakit lain. “Dokter bilang kalau tidak segera dioperasi kanker bisa menyebar ke bagian tubuh lainnya,” kata Desi. Setelah berembuk keluarga memutuskan operasi pengangkatan kanker dilakukan di sebuah rumahsakit di Malaysia.

Operasi dilakukan pada Mei 2008 dan berlangsung lancar. “Secara fisik, kakak saya terlihat seperti orang sehat pada umumnya,” ujar Desi. Tindakan medis itu lalu dilanjutkan dengan kemoterapi. Di saat itulah wanita kelahiran 1963 itu mulai merasa menderita. Berat badannya turun 7 kg dan rambutnya rontok. “Saya mudah pegal dan sakit di tulang belakang,” kata Nila.

Bermetastasis

Dalam The Indonesian Journal of Medical Science, Rudy Thabry dan Daniel Sampepajung, ahli onkologi Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin di Makassar menyatakan bahwa 65—75% kasus kanker payudara mengalami metastasis ke tulang bila tidak segera ditangani. Salah satu ciri kanker sudah bermetastasis ke tulang belakang adalah munculnya rasa sakit di tulang belakang.

Sel kanker yang bermetastasis ke tulang belakang terkuak setelah Nila memeriksakan diri ke seorang dokter ahli tulang. Setelah menjalani Positron Emission Tomography (PET Scan) diketahui bahwa sel kanker menyebar ke tulang belakang.

Pada awal 2012 Nila sempat terjatuh di kamar mandi dan kening membentur keran air. Gara-gara itu pula muncul benjolan kecil di kening yang kian membesar dan menimbulkan rasa sakit yang  tak tertahankan. Nila pun harus menjalani pemeriksaan CT Scan. Dari peristiwa itu kembali terkuak sel kanker juga menyebar ke otak. Seiring dengan itu upaya kemoterapi sebanyak      25 kali agar kanker tidak bermetastasis kembali membuat bobot badan Nila turun sebanyak 8 kg.

Lassman dan De Angelis dari Departemen Neurologi, Memorial Sloan-Kettering Cancer Center, New York, dalam buku Brain Metastases From Breast Cancer menyatakan bahwa 16% kasus kanker payudara di Amerika bermetastasis ke otak. Mereka juga menyatakan bahwa metastatis pada otak ditemukan 80% di cerebrum, 15% di cerebellum, dan 5% di batang otak. “Sel kanker biasanya dibawa melalui arteri carotis menuju otak besar,” ujar dr Hardi Pranata SpS MARS. Ketua Perhimpunan Dokter Herbal Medik Indonesia Pada kasus Nila metastasis kanker otaknya terjadi di cerebrum.

Sirsak hentikan

Tapak dara memiliki peran yang hampir sama dengan kemoterapi medis

Tapak dara memiliki peran yang hampir sama dengan kemoterapi medis

Kanker yang kian menyebar itu menyebabkan Nila hanya bisa terbaring dan menggunakan kursi roda ketika berobat. Pada Oktober 2012, Desi pun mengajak kakaknya untuk berobat ke dokter sekaligus herbalis di Serpong, Tangerang Selatan, Provinsi Banten. “Saat itu kondisi kakak saya hampir seperti orang yang mengalami stroke,” ujarnya. Paulus, dokter alumnus Universitas Degli Studi Padova, Italia, itu, menjelaskan kondisi sel kanker yang telah menyebar hingga ke otak menyebabkan gangguan gerak motorik pasien sehingga sulit beraktivitas.

Dokter Paulus lantas meresepkan penggunaan daun sirsak untuk membantu penyembuhan. “Dosis daun sirsak yang saya berikan sangat tinggi, untuk mencegah terjadi penyebaran lebih luas,” ujar Paulus yang menambah dosis hingga 2 kali lipat daripada yang biasa diberikan pada pasien kanker lain.

Riset Mega Sari Sitorus dari Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara, Medan pada 2012 menyebutkan daun sirsak bersifat sitotoksik (antikanker) terhadap kanker payudara. Riset tersebut juga mengungkapkan dosis daun sirsak yang dapat menghambat pertumbuhan tumor adalah 2 mg/hari dan 4 mg/hari.

Nila merebus daun sirsak dalam bentuk serbuk dengan 3 gelas air hingga mendidih dan tersisa 1 gelas. Hasilnya dibagi menjadi 3 bagian untuk diminum dalam satu hari. Selain seduhan, Nila juga mengonsumsi 30 kapsul sehari, dibagi ke dalam 3 kali konsumsi.

Paulus mengombinasi pemberian daun sirsak dengan kulit manggis dan aneka benalu dari teh, avokad, kokosan, sonokeling, mangga, rambutan, dan jeruk.  Herbal lain yang juga ditambahkan adalah temulawak, sambiloto, kunyit putih, tapakdara, dan meniran. Tapakdara misalnya berperan sebagai herbal kemoterapi. “Banyak orang berpikir herbal dapat digunakan secara tunggal, anggapan itu perlu dihilangkan,” ujar Paulus.

Menurut Desi selain mengonsumsi herbal, Nila tetap rutin menjalani kemoterapi. Setelah 5 bulan konsumsi terjadi perubahan kondisi. Kini Nila sudah dapat beranjak dari tempat tidur, bahkan menekuni hobi membuat kue seperti dahulu. Nila juga bisa mengurangi frekuensi kemoterapi dari semula sebulan sekali menjadi 3 bulan sekali. (Rizky Fadhilah)

 

FOTO:

  1. “Rata-rata pasien kanker yang datang kepada saya memang mengalami metastasis ke tulang belakang,” ujar dr Paulus Wahyudi Halim, Med Chir
  2. Daun sirsak bersifat sitotoksik terhadap kanker payudara
  3. Tapak dara memiliki peran yang hampir sama dengan kemoterapi medis

 

 

 

Powered by WishList Member - Membership Software