Spesial Betta Kontes 2011 – Halfmoon dan Plakat Unggul Mutlak

Filed in Ikan hias by on 31/05/2011

Kampiun serit dasar terangGC kategori halfmoonKemenangan halfmoon milik Jujung Jali Farm dari Slipi, Jakarta Barat, itu bukan tanpa alasan. “Penampilannya paling unggul di antara para juara kategori halfmoon,”  kata Agung Karim, juri asal Bekasi, Jawa Barat. Bukaan ekornya penuh 1800, ciri halfmoon ideal. Sementara bentuk sirip atas dan bawah seimbang dan proporsional. “Siripnya rapi, tidak tampak lipatan,” ujar Arief SL, juri dari Bekasi.

Pesaing utamanya, kampiun halfmoon bebas gelap tak kalah menarik. “Warnanya tegas dan bersih,” ujar  Kelson Say, hobiis asal Singapura yang menjagokannya sebagai GC. Sayang, bukaan ekor dan kerapian sang cupang belum sempurna sehingga mengganggu penampilan secara keseluruhan. “Bentuknya tidak proporsional,” ujar Agung.

Sempurna

Plakat menjadi kategori paling ramai lantaran dari 7 kelas yang dipertandingkan, jumlah pesertanya mencapai 80 ikan. Di babak puncak, tiga jawara yakni kampiun kelas bebas gelap, dasar gelap, dan dasar terang saling bertarung memperebutkan gelar GC. Melalui voting, juri menyerahkan gelar GC pada kampiun plakat bebas gelap milik Ipung Breeder Farm dari Bekasi. Plakat black cooper itu unggul mutlak 4-0. “Bukaan ekornya mengembang sempurna” kata Agung. Pesaingnya, kampiun dasar gelap kalah lantaran tidak ngedok sempurna. Pun juara dasar terang yang sirip bawahnya tampak tidak rapi.

GC serit diraih jawara kelas kombinasi setelah unggul 3:1 saat voting “Jarak antarruas tulang sirip teratur dan rapi,” kata Arief SL. Rivalnya jawara serit dasar merah tersingkir lantaran bukaan ekornya kurang besar dan jarak spasi di ekor terlalu rapat.

Teladan

Kontes yang diselenggarakan oleh Kaisar United Banten dan didukung oleh Kementerian Perikanan dan Kelautan pada 14 – 15 Mei 2011 di Raiser, Cibinong, Jawa Barat, itu berlangsung meriah. Menurut Desliana Z Satriawan, panitia lomba, total jumlah cupang yang dilombakan mencapai 291 ekor asal penangkar dari berbagai kota seperti Bekasi, Jakarta, Depok, dan Bandung. “Acara ini adalah momen untuk menunjukkan kualitas masing-masing peternak cupang di berbagai daerah,” kata Desliana.

Pada kontes itu juga mencuatkan Alegria Betta Farm milik Fuad Achdiat dari Bandung  sebagai pembudidaya teladan utama setelah meraup total angka 184. Penghargaan itu diberikan setelah 49 cupang milik Fuad yang turun gelanggang, 5 di antaranya merebut  juara pertama di kelas masing-masing seperti serit dasar gelap, plakat kombinasi, dan giant kombinasi. Ipung Breeder Farm meraih predikat pembudidaya teladan madya setelah memperoleh 117 poin dari 25 ikan yang berlomba. (Pranawita Karina)

 

Powered by WishList Member - Membership Software