Sosialisasi Program Urban Farming 2015

Filed in Info Singkat by on 20/06/2015
Sosialisasi program di kantor PKK

Sosialisasi program di kantor PKK

 

Survei ke kelurahan malakasari

Survei ke kelurahan malakasari

Kerjasama Bank Indonesia – Majalah Trubus

Pada Rabu 17 Juni 2015, Bank Indonesia bersama Majalah Trubus melakukan kegiatan sosialisasi urban farming kepada kader PKK di 5 wilayah di Provinsi DKI Jakarta di kantor pusat Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Jalan Kebagusan Raya nomor 42 Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Sosialisasi ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan program urban farming antara Bank Indonesia dengan PT Trubus Swadaya selaku menerbit Majalah Trubus dengan menggandeng kader PKK sebagai penerima manfaat program. Bentuk kegiatan urban farming BI-Trubus ini yakni berupa penanaman cabai dan sayuran daun di dalam polibag di 5 wilayah DKI Jakarta.

Survei ke kelurahan Setu

Survei ke kelurahan Setu

Menurut kepala tim pelaksana Program Sosial Bank Indonesia (PSBI), Karsono, kegiatan ini adalah salah satu program sosial BI untuk masyarakat dalam rangka memenuhi ketahanan pangan keluarga. “BI mencoba berperan nyata dalam peningkatan kapasitas produksi,” katanya. Oleh karena itu BI menggandeng PT Trubus Swadaya untuk menerapkan urban farming dengan menggandeng para kader PKK DKI Jakarta. Urban farming dipilih karena cocok diterapkan pada masyarakat perkotaan. “Target utamanya masyarakat dapat memenuhi kebutuhan pangan sendiri, terutama untuk cabai dan sayuran,” ujar Karsono.  Komoditas cabai dipilih karena merupakan salah satu penyumbang inflasi. Sementara sayuran daun cocok untuk pemenuhan kebutuhan pangan keluarga sehari-hari karena cepat panen.

Survei ke kelurahan Cilangkap

Survei ke kelurahan Cilangkap

Menurut kader PKK Kebon Kosong, Kemayoran, Jakarta Pusat, Widjiani, para kader PKK menyambut baik program ini. “Alhamdulillah, kami senang (dengan program ini) tidak hanya mendapat fasilitas berupa bibit dan media tanam tetapi juga ilmu yang bermanfaat,” katanya.  Wakil ketua III Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta, Erna Maharanto, menuturkan program ini sesuai dengan visi misi PKK membangun keluarga sejahtera maju dan mandiri. “Saya menyambut baik selama bermanfaat pada masyarakat Jakarta umumnya, dan kader PKK khusnya,” tutur Erna.

Kegiatan urban farming ini dimulai dari Juni—Desember 2015 dan dilanjutkan pada tahun berikutnya, dengan konsep pembinaan dan diakhiri dengan perlombaan. Pada acara sosialisi sebanyak 50 kader PKK dari 5 wilayah Jakarta hadir untuk mendapatkan penjelasan tentang program yang kali pertama diluncurkan oleh Bank Indonesia. Kegiatan ini diharapkan sebagai tonggak awal terbentuknya program yang lebih besar, serta mempererat kerja sama yang sudah terbentuk antara PT Trubus Swadaya, BI, dan PKK Provinsi DKI Jakarta. *** 

DSC_0001, sosialisasi program di kantor PKK (2) 

Tags: , ,

 

Powered by WishList Member - Membership Software