Sisi Buruk Tanam Jeruk

Filed in Topik by on 02/07/2015
Pekebun harus waspada pada serangan CVPD.

Pekebun harus waspada pada serangan CVPD.

Tertarik mengebunkan jeruk dekopon? Bersiaplah dengan aral yang bakal menghadang. Untuk membuka pasar, Ir Irwan Margono, pekebun dekopon di Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, mesti rela berbagi. Ia membagi-bagikan puluhan kilogram dekopon secara gratis kepada para perusahaan pemasok pasar swalayan sebagai buah contoh. Upaya itu pun belum tentu berakhir dengan transaksi.

“Ketika awal-awal membuka pasar harus berani rugi,” ujar Irwan. Apalagi dekopon tergolong pendatang baru. Impian memperoleh harga tinggi bisa sirna bila kualitas buah tak sesuai harapan. Salah satu penyebabnya adalah lalat buah. Pekebun di Parongpong, Kabupaten Bandung, Dahlan, terpaksa kehilangan pendapatan karena buah yang terkena serangan lalat buah meninggalkan jejak lubang yang akhirnya membusuk.

Meski intensitas serangan tergolong rendah, tapi jika dibiarkan jumlah serangan terus bertambah. Itulah sebabnya Ino Suwarno membuat pengamanan berlapis untuk menghadang serangan lalat buah. Meski menanam dekopon dalam rumah tanam, ia tetap memasang perangkap lalat buah di beberapa titik. Ia juga membungkus buah sejak buah seukuran telur puyuh.

Ancaman lain adalah cendawan jelaga Capnodium spp. Kondisi iklim mikro kebun yang lembap akibat tanaman terlalu rimbun membuat cendawan itu leluasa berkembang biak. Jelaga tak hanya menyerang daun. Di kebun Dahlan cendawan itu menyelimuti buah sehingga buah menjadi kusam dan terlihat kotor. Jelaga yang menutup daun dapat mengganggu proses fotosintesis sehingga mengganggu asupan makanan tanaman. “Buah jadi kurang manis,” kata Dahlan.

Di kebun Syahid dan Dahlan beberapa tanaman tampak berdaun kuning. Menurut Dahlan daun-daunan itu nantinya rontok dan tanaman menjadi meranggas dan akhirnya mati. Prof Siti Subandiyah, ahli penyakit jeruk dari Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada (UGM), menduga daun menguning pada jeruk karena serangan virus citrus vein phloem degeneration (CVPD).

Virus itu sudah memusnahkan jeruk di sentra-sentra. Itulah sebabnya pekebun yang hendak menanam dekopon mesti waspada sejak membeli bibit. Pastikan bibit yang digunakan bebas virus mematikan itu. “Jika sudah terserang sebaiknya tanaman dicabut dan dimusnahkan agar tidak menular ke tanaman lain,” ujar Subandiyah. (Imam Wiguna)

Tags: , ,

 

Powered by WishList Member - Membership Software