Sirsak untuk Tiroid Bengkak

Filed in Uncategorised by on 03/09/2012 0 Comments

Daun sirsak membantu mengatasi pembesaran tiroidDaun sirsak sirnakan kelenjar tiroid yang bengkak.

 

Dr dr Nyoman Kertia SpPD KR: kelenjar tiroid merupakan kelenjar penghasil hormon tiroksinValentina Indrajati: pasien tiroid sebaiknya hindari makan daging hewani berkaki empat dan buah bergetahSemangkuk cap cay itu mestinya membangkitkan selera Rohinah. Namun, ia malah tersiksa karena sakit saat menelan makanan kegemarannya itu. Beberapa hari kemudian, leher perempuan asal Kelurahan Pekajangan, Kecamatan Kedungwuni, Pekalongan, Provinsi Jawa Tengah, itu membesar. Begitu meraba bagian leher yang membengkak, terasa seperti ada benjolan seukuran separuh jempol orang dewasa. “Leher terasa kaku dan pegal,” ujar Rohinah.

Kondisi itu mengkhawatirkan Rohinah sehingga memeriksakan diri ke dokter di sebuah rumahsakit di Pekalongan. Dokter lalu memindai bagian leher Rohinah menggunakan ultrasonografi (USG). Penyebab leher Rohinah membesar adalah kelenjar tiroid yang membengkak sebagaimana diagnosis dokter setelah memindai.

Bisa kanker

Menurut dokter spesialis penyakit dalam dari Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada, Dr dr Nyoman Kertia SpPD KR, kelenjar tiroid merupakan kelenjar penghasil hormon tiroksin. Hormon itu berperan mempertahankan metabolisme tubuh. Banyak faktor pemicu kelenjar tiroid membesar, di antaranya kekurangan yodium, terkena tumor, kanker, atau penyakit autoimun-penyakit akibat tubuh membentuk antibodi yang menyerang kelenjar tiroid.

Gangguan pada kelenjar tiroid menyebabkan produksi hormon tiroksin menurun atau hipotiroid atau berlebih (hipertiroid). “Kedua gangguan itu dapat memacu pembesaran kelenjar tiroid,” tutur Nyoman. Penyebab hipotiroid biasanya akibat kekurangan asupan yodium. Gejalanya pasien mengalami lemah, lesu, sulit berpikir, dan sering mengantuk akibat metabolisme tubuh melemah. Nyoman menyarankan untuk memperbanyak konsumsi garam beryodium atau ikan laut seperti, tuna, salmon, dan kerang.

Sementara penyebab hipertiroid biasanya akibat penyakit autoimun. Pada kondisi itu sistem kekebalan tubuh menghasilkan protein thyroid simulating immunoglobulin (TSI). Protein itu merangsang kelenjar tiroid memproduksi hormon sehingga jumlahnya berlebih. Akibatnya metabolisme tubuh meningkat. Oleh karena itu penderita hipertiroid biasanya sering merasa kepanasan, kelelahan pada malam hari, sulit tidur, tangan bergetar, dan detak jantung tak beraturan.

“Untuk pasien hipertiroid dapat mengonsumsi kubis untuk mengurangi yodium,” kata Nyoman. Sayangnya, dokter tidak menjelaskan kepada Rohinah penyebab pembengkakan kelenjar tiroid itu. “Rasanya tidak mungkin kalau akibat kekurangan yodium. Toh saya suka makanan yang asin-asin dan ikan laut,” ujar Rohinah. Dokter menyarankan agar ia menjalani operasi.

Menurut Nyoman operasi adalah alternatif penyembuhan untuk penderita hipertiroid dan hipotiroid. “Untuk pasien hipotiroid biasanya cukup operasi kosmetik untuk memperbaiki penampilan leher,” katanya. Sementara pada pasien hipertiroid dilakukan operasi pemotongan kelenjar tiroid. Tingkat kesembuhan mencapai 100%. Namun, jika terjadi kesalahan dalam operasi bisa mengakibatkan krisis tiroid. Produksi hormon tiroksin justru meningkat sehingga membahayakan tubuh.

Tolak operasi

Rohinah menolak operasi dan mencari pendapat dokter lain dengan memeriksakan diri ke sebuah rumahsakit di Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Dokter di sana juga tak memberi penjelasan tentang penyebab penyakit dan hanya memberikan obat. Sebulan mengonsumsi obat, kesembuhan tak jua datang. Beberapa hari kemudian seorang kerabat menyarankan Rohinah untuk mengonsumsi air rebusan daun sirsak.

Ia menerima saran kerabatnya karena berhasrat sembuh. Sejak itu ia rutin merebus 10 daun sirsak dalam tiga gelas air sampai mendidih dan tersisa satu gelas. Ia mengonsumsi air rebusan daun Annona muricata tiga kali sehari. Setelah delapan bulan mengonsumsi air rebusan daun sirsak, kelenjar tiroid yang membengkak berangsur mengecil.

Menurut herbalis di Bogor, Provinsi Jawa Barat, Valentina Indrajati, daun sirsak dapat membantu mengatasi pembesaran kelenjar tiroid. Ia meresepkan 30 g daun sirsak bersama herbal lain seperti sambiloto dan keladi tikus masing-masing 20 g dan 10 g. Valentina mengatakan daun sirsak dalam ramuan itu berperan menunjang fungsi parenkimatis kelenjar tiroid yang mengatur produksi enzim atau zat pengatur lain  untuk metabolisme mineral seperti kalsium, fosfor, dan yodium dalam tubuh.

Sementara sambiloto dan keladi tikus membantu menetralkan racun yang berlebihan di dalam tubuh. Herbalis yang acap mengajar yoga itu mencampur seluruh herbal dalam bentuk serbuk. Untuk mengonsumsinya, pasien tinggal merebus serbuk dalam 3 gelas air hingga mendidih. Untuk mengonsumsi, saring hasil rebusan dan tuang air rebusan ke dalam 3 gelas. Minum air rebusan itu tiga kali sehari.

Proses detoksifikasi

Valentina menuturkan beberapa hari setelah mengonsumsi ramuan pasien biasanya mengalami peningkatan frekuensi buang air besar menjadi 4 kali sehari, merasa penat, dan letih. “Pasien tak perlu khawatir. Gejala itu merupakan proses detoksifikasi untuk membuang racun dalam tubuh,” tutur herbalis itu. Selama pengobatan pasien mesti menghindari konsumsi obat-obatan kimia, daging hewan berkaki empat, serta buah-buahan seperti duku, sawo, dan nangka. Ketiga buah bergetah itu dapat merusak produksi kelenjar.

Daging hewan berkaki empat cenderung tinggi lemak dan protein. Protein hewani mempunyai struktur kimiawi yang mirip dengan sel tubuh kita. Untuk mencernanya membutuhkan proses degenerasi atau dekomposisi secara kimiawi yang kompleks. Akibatnya, kelenjar tiroid yang berperan menghasilkan hormon, enzim, dan prekursor untuk menunjang metabolisme tubuh, bekerja lebih berat.

Herbalis di Yogyakarta yang juga meresepkan daun sirsak kepada pasien pembesaran tiroid, Lina Mardiana, menuturkan daun sirsak berfungsi untuk mengeringkan kelenjar tiroid. Ibu dua anak itu meresepkan ekstrak daun sirsak bersama ekstrak keladi tikus dan campuran herbal  lain dalam satu kapsul. Dosisnya dua kali sehari masing-masing satu kapsul. Setelah 6 bulan mengonsumsi, kondisi pasien biasanya sudah mulai berangsur pulih.

Meski kelenjar tiroid Rohinah tak lagi bengkak, ia tetap rutin mengonsumsi rebusan daun sirsak. Hanya saja ia mengurangi frekuensi konsumsi dan dosis, yakni menjadi sepekan sekali. Ia melakukannya untuk mencegah kelenjar tiroid membengkak kembali. (Muhamad Khais Prayoga/Peliput: Bondan Setyawan)

Keterangan Foto :

  1. Dr dr Nyoman Kertia SpPD KR: kelenjar tiroid merupakan kelenjar penghasil hormon tiroksin
  2. Valentina Indrajati: pasien tiroid sebaiknya hindari makan daging hewani berkaki empat dan buah bergetah
  1. Daun sirsak membantu mengatasi pembesaran tiroid
 

Powered by WishList Member - Membership Software