Sihir Philo Merah Muda

Filed in Majalah, Tanaman hias by on 11/04/2021

Contoh daun tanaman pink marble yang memiliki setidaknya tiga warna dan merah muda menor.

 

Philodendron bercorak baru variegata merah muda. Tanaman langka, harga melambung.

Variegata merah muda dengan pola bercak-bercak mengelompok. Ada juga variegata yang bintik-bintik blok setengah daun (halfmoon) ataupun variegata blok satu daun. Itulah ciri khas Philodendron pink princess. Pola variegata merah muda lembut hingga cerah amat kontras dengan bagian daun lainnya yang hijau tua. Sosok itu “menghinoptis” para pehobi. Harga tanaman itu di pasaran Rp7 juta per tanaman terdiri atas 6 daun.

Daun caramel marble dewasa memiliki warna variegata kuning hingga kejinggaan seperti karamel.

Para petani tanaman hias Thailand dan Indonesia pada akhir 2019 menyadari ada corak-corak spesial muncul di antara pink princess. Corak itu dinamai pink marble dan bernilai lebih mahal. Philodendron pink marble harus memiliki 3—4 warna di permukaan daun, hijau tua, hijau keabu-abuan, merah muda lembut, dan merah muda menor. Selain itu seluruh daun memiliki motif bercak-bercak splash atau seperti cipratan cat.

Harga melangit

Jika ada satu daunnya yang hijau polos, sudah tidak bisa diklasifikasikan sebagai philodendon pink marble. Karakter-karakter itu paling banyak muncul di Indonesia. Menurut penangkar tanaman hias di Jakarta Barat, Peiling Suherman, harga pink marble terdiri atas 6 daun diatas Rp50 juta. Padahal, pada Desember 2019 Vera—panggilan akrab Peiling Suherman —hanya membayar Rp1,2 juta untuk tanaman 3 daun.

Karakter variegata pink yang menjadi primadona penggemar philodendron juga muncul pada philodendron hibrida pluto yang memiliki variegata pink hingga jingga. Nama dagang variegata itu philodendron caramel marble. “Pehobi meminati caramel marble lantaran pinggiran daun yang unik bergerigi, warna variegata yang mewah, dan relatif mudah perawatannya karena berdaun tebal sehingga tidak mudah gosong meskipun variegata,” kata Vera.

Pengusaha tanaman hias itu mengatakan, pemburu caramel marble sebelumnya memiliki Philodendron bilitae variegata. Mereka ingin melengkapi koleksi philodendron dengan philodendron caramel marble. Ciri-ciri tanaman caramel marble berdaun panjang dan tepi daun dewasa bergerigi, pucuk daun baru berwarna merah muda. Warna dasar daun dewasa hijau dengan pola variegata kuning garis-garis atau bercak (splash).

Vera mengoleksi dan menangkar jenis-jenis philodendron bervariegata merah muda.

Vera mengatakan, warna daun juga bisa sebaliknya yakni warna dasar daun kuning (albino) dengan corak garis-garis atau bercak hijau. Perpaduan warna-warna variegata pada daun membuat warna daun mirip seperti warna karamel. Batang berwarna hijau dengan garis-garis merah muda. Pada 2019 Vera membeli caramel marble Rp850.000 per tanaman lima daun. Kini harga di pasaran hingga Rp25 juta per tanaman tiga daun kecil.

Daun pada philodendron strawberry shake yang muncul warna merah muda.

Stroberi

Varian lain, strawberry shake juga memiliki variegata merah muda. Semula strawberry shake sohor dengan nama philodendron red emerald variegata. Namun, bentuk daun yang mirip buah stroberi membuat nama stroberi cocok dilekatkan dan terdengar lebih menarik. Ciri-ciri tanaman memiliki bentuk daun yang membulat besar di bagian pangkal dan meruncing di bagian ujung.

Ciri lain, daun dewasa berukuran besar, tepi daun bergelombang. Warna variegata daun perpaduan kuning, hijau, dan terkadang muncul warna merah muda. Batang tanaman berwarna merah. Para petani di Thailand yang pertama kali memopulerkan strawberry shake sejak 2017. Namun, pada akhir 2020 strawberyy shake kembali dicari oleh para pehobi aroid mancanegara. Harga strawberry shake kini Rp5 juta per daun berukuran 20—25 cm. (Tamara Yunike)

Tags: ,

 

Powered by WishList Member - Membership Software