Sepanjang Tahun Panen Naga

Filed in Buah by on 05/12/2010 0 Comments

 

Penambahan lampu di kebun Supinah Ang, pacu buah naga berbuah sepanjang tahunSetiap malam selama 2 jam Supinah Ang menyalakan lampu inframerah berdaya 14 watt. Total jenderal terdapat 24 titik lampu untuk luasan 1 ha. Lampu menyala sejak pukul 18.00 hingga 20.00. ‘Tujuannya untuk menambah panjang hari penyinaran. Maklum, di negeri asal buah naga di Meksiko panjang penyinaran cahaya matahari mencapai 13 jam sehari, sementara di Batam hanya 12 jam. Makanya perlu tambahan sinar buatan selama 1 – 2 jam agar rajin berbunga dan berbuah,’ tutur Ang.

Menurut Sobir PhD, kepala Pusat Kajian Buah Tropika (PKBT) IPB, lama penyinaran matahari berpengaruh terhadap proses fisiologi tanaman. ‘Dalam dunia pertanian disebut sebagai fotoperiodisitas yang mempengaruhi waktu pembungaan dan pembuahan,’ kata Sobir.

Contoh paling umum krisan. Crysanthemum sp tergolong tanaman hari pendek alias short day plant. Artinya, krisan mudah berbunga meski hanya mendapat panjang penyinaran pendek. Padahal, pekebun ingin krisan mencapai tinggi tertentu sebelum memproduksi bunga potong. Karena itu pekebun menunda pembungaan dengan memasang lampu di rumah tanam hingga total penyinaran mencapai 16 jam.

Hari pendek

Sobir menduga sifat buah naga kebalikan dari krisan. Ia butuh penyinaran lebih lama agar rajin berbunga. Sinatra Hardjadinata, pekebun buah naga di Bogor, Jawa Barat, membuktikan dugaan Sobir. Pengalaman Sinatra beberapa tanaman yang tumbuh di dekat lampu penerangan lebih rajin berbunga dan berbuah ketimbang yang jauh dari lampu.

Sejatinya lama penyinaran matahari di Batam lebih panjang ketimbang di Pulau Jawa. Batam 12 jam, sementara Pulau Jawa 10 – 11 jam. Itu karena letak geografis Batam dekat dengan garis khatulistiwa. Daerah lain seperti Pekanbaru dan Tanjungpinang (Riau) – yang lokasinya berdekatan dengan Batam – panjang harinya mencapai 12 jam.

‘Kebun kami berbuah sepanjang tahun meski tanpa penambahan lampu. Frekuensi panen rata-rata 400 kg per ha setiap bulan,’ kata Muhaimin Iskandar, pekebun di Pekanbaru, Riau. Lampu yang dipasang di tempat Ang membuat frekuensi panen lebih rapat: panen setiap pekan dengan jumlah 200 kg/ha. Lampu dipasang maksimal 2 – 4 pekan untuk tanaman yang sama. Bila berlebih tanaman justru mogok berbunga.

Menurut Ang perlakuan penerangan tambahan juga mesti ditunjang pasokan nutrisi memadai karena tanaman perlu energi tinggi saat berbuah. Sebagai sumber nutrisi Ang memberikan pupuk kompos berbahan dasar kotoran ayam dengan dosis 500 g/tiang setiap bulan. Ia juga menambahkan 500 g kotoran sapi hasil fermentasi per tiang setiap bulan dan 500 gNP K per tiang setiap 3 pekan.

Letak geografis Batam, Pekanbaru, dan Tanjungpinang yang dekat dengan garis khatulistiwa sehingga menikmati sinar matahari lebih panjang jadi berkah bagi pekebun. Di saat kebun di Pulau Jawa tengah off season, pekebun di Bumi Andalas terus panen buah dan menikmati harga tinggi.

Rontokkan bunga

Menurut Daniel Kristanto, pekebun buah naga merah di Wonosalam, Jombang, Jawa Timur, pekebun dragon fruit di Pulau Jawa juga bisa menikmati harga tinggi bila mampu membuahkan di luar musim. Pada awal 2008, Daniel melakukan eksperimen membuahkan buah naga di luar musim pada 1.000 tanaman. Caranya dengan menunda pembuahan.

Bunga yang muncul pada musim bunga – biasanya pada Oktober – dirontokkan dengan memberikan pupuk berkadar nitrogen (N) tinggi. Tujuannya untuk mengubah fase generatif tanaman kembali menjadi fase vegetatif.

Saat bunga bermunculan pada Oktober, Daniel menaburkan 20 g Urea pada setiap tanaman. Itu ditambah dengan pemberian 1 g hormon perangsang akar dan 1 g Mapikuat – dulu sering digunakan sebagai perontok daun pada tanaman kapas – yang dilarutkan dengan 10 liter air. Larutan itu disemprotkanke seluruh bunga. Sepuluh hari berselang bakal bunga menguning dan akhirnya rontok. ‘Jika gagal, semprotkan Gandasil B berkadar N tinggi,’ kata Daniel. Perlakuan itu menahan pembungaan hingga Desember.

Cara lain, tanaman diberi 20 g pupuk N tinggi dan kalium (K) rendah, tapi tanpa fosfor (P) 2 bulan sebelum musim bunga atau pada Agustus. Seminggu kemudian semprotkan GA 3 alias giberelin dengan dosis 20 ppm. Penyemprotan seminggu sekali selama sebulan. Jika masih muncul kuntum bunga lebih dari 20% dari total tanaman, semprotkan Cheap dengan dosis 2 cc/liter air dan Hortigro CNO 30 g/15 liter air. Penyemprotan dihentikan bila kuntum susulan lamban atau berhenti tumbuh.

Rutin disiram

Berikutnya pada awal Januari buah naga diberi pupuk berkadar P dan K tinggi. Dengan perlakuan itu pada Februari buah naga mulai berbunga. Saat itu tanaman disiram setiap hari. ‘Jumlah air mesti cukup agar bunga tidak rontok,’ ujar Daniel. Lima puluh hari kemudian atau pada Mei 2009 Daniel mulai panen hingga Juli – Agustus. Ketika itu jumlah panen mencapai 1,8 ton.

Dengan cara itu tak hanya pekebun di Batam yang dapat panen di luar musim. Agar tanaman tidak stres karena berbuah sepanjang masa, Yos Sutiyoso, pakar pupuk di Jakarta menyarankan agar tanaman yang sudah berbuah terus-menerus selama 8 bulan diistirahatkan agar pulih kembali. (Imam Wiguna/Peliput: Nesia Artdiyasa)

 

Penambahan lampu di kebun Supinah Ang, pacu buah naga berbuah sepanjang tahun

Foto-foto: Nesia Artdiyasa & Imam Wiguna

Tunda Naga Berbuah ala Daniel Kristanto

  1. Saat bunga bermunculan pada Oktober, berikan pupuk berkadar nitrogen tinggi seperti Urea. Dosisnya 20 g untuk setiap tanaman.
  2. Semprot bunga dengan larutan yang terbuat dari 1 g hormon perangsang akar dan 1 g Mapikuat – dulu sering digunakan sebagai perontok daun pada tanaman kapas – yang dilarutkan dalam 10 liter air.
  3. Sepuluh hari berselang bakal bunga menguning dan akhirnya rontok. Jika gagal, semprotkan Gandasil B berkadar nitrogen tinggi. Dosisnya sama dengan yang tertera pada kemasan. Perlakuan itu dapat menahan bunga hingga Desember. Pada awal Januari beri pupuk berkadar fosfor dan kalium tinggi.
  4. Pada Februari buah naga mulai berbunga. Siram tanaman setiap hari. Bila lahan berkontur lereng, siram tanaman dengan sistem leb alias perendaman 2 minggu sekali. Pada Juli – Agustus buah siap panen. ***
 

Powered by WishList Member - Membership Software