Seni Tabulampot

Filed in dari redaksi, Rubrik Tetap by on 02/08/2020

Harga fantastis: Rp37.500.000! Itu harga sebuah tabulampot lengkeng merah. Tabulampot itu berdaya tarik ganda. Pertama, komoditas buah itu saja sudah menarik, berkulit merah. Lazimnya buah anggota famili Sapindaceae itu berkulit krem. Lengkeng rubi itu juga pendatang baru. Kedua, apalagi tanaman berbuah di pot. Jadilah harganya melangit. Toko Trubus menjual dua pot lengkeng merah dengan harga sama, masing-masing Rp37.500.000.

Ada pula tabulampot durian bawor yang tengah berbunga. Tanaman Durio zibethinus tergolong sulit dibuahkan di pot. Oleh karena itu, tabulampot yang tengah berbunga pun sudah menarik perhatian. Tabulampot durian bawor itu terjual Rp6 juta. Tabulampot tak ubahnya produk seni. Tampilannya elok. Tabulampot apa pun mampu menghiasi halaman, teras, atau sisi lain huninan kita.

Itulah sebabnya pada kasus lengkeng merah yang harga Rp37.500.000 per pot kita tidak bisa mengonversi dengan harga buah lengkeng. Harga buah lengkeng puluhan ribu per kg. Apalagi saat magori atau panen perdana, sebuah tanaman hanya menghasilkan beberapa kilogram buah. Pehobi yang membeli tabilampot itu bukan membeli buah, tetapi jatuh hati pada sosok tabulampot rubi. Pantas harga sebuah tabulampot sangat relatif. Ada yang murah, hanya ratusan ribu rupiah, banyak juga yang mahal mencapai jutaan rupiah per pot.

Namun, pada umumnya makin lebat tanaman berbuah, harga kian menjulang. Pada masa pandemi korona permintaan tabulampot juga makin besar. Masyarakat merawat tanaman selama bekerja di rumah. Tabulampot menjadi materi laporan utama Majalah Trubus edisi Agustus 2020. Beragam tabulampot baru seperti anggur, pisang, dan sapote hitam beragam komoditas itu semula tumbuh di tanah langsung, bukan di dalam pot.

Meski sekilas membuahkan tabulampot relatif mudah. Namun, sejatinya membuahkan tabulampot relatif sulit. Silakan bergabung dengan rekan lain untuk mengetahui strategi melebatkan buah tabulampot serta hambatan dan cara mengatasinya. Pelatihan daring itu akan diselenggarakan pada 15 Agustus 2020. Setelah sukses membuahkan, masyarakat memperoleh beragam keuntungan dengan bertabulampot. Selain dampak estetika dan memperbaiki kualitas udara, mereka juga mendapatkan beragam buah-buahan sebagai sumber gizi dan pemenuhan pangan secara mandiri.

Salam

 

Sardi Duryatmo

Tags: , ,

 

Powered by WishList Member - Membership Software