Selada Air

Filed in Rubrik Tetap, seputar agribisnis by on 05/03/2020

Budidaya selada air, sekali tanam panen berulang.

Sayuran apa yang paling sehat sedunia?  Selada air! True watercress! Lembaga Pengendalian Penyakit (Center for Disease Control–CDC di Amerika Serikat) mengakuinya sejak 2015. Selada air alias (true) watercress disebut juga super vegetable alias sayuran super!

Sementara itu di Eropa,  British Journal of Nutrition mencatat, 80 gram salada air cukup menghentikan pertumbuhan sel kanker payudara. Oh, pantaslah sebatang selada air selalu disertakan di atas daging panggang.  Itu saya nikmati selama tinggal di Inggris 1988—1991. Namun, relasi saya dengan selada air  Nasturtium officinale berawal jauh sejak 1960-an.  Ibu saya lahir dan tinggal di kawasan pegunungan, sebelah barat Kota Malang, Jawa Timur.  Malam hari bergemuruh gerobak dengan obor, mengangkut selada air turun ke kota.

Beragam khasiat

Eka Budianta

Di sepanjang hulu Sungai Brantas, budidaya selada air memberikan kesejahteraan. Bukan hanya sejahtera, tapi juga sehat.  Saya ingat Kang Markasan, pekebun selada yang tinggal di pondok dekat mata air.  Ketika menginap di sana, makanan kami cukup ikan dan selada.  Di sela-sela batu banyak ikan.  Direbus dengan selada dan garam sudah jadi santapan sehat dan lezat.

Jadi, dengan berbekal sekantong beras dan garam secukupnya, kita bisa berakhir pekan dua hari dua malam di alam terbuka. Sekarang selada air sudah datang ke rumah-rumah lewat pesanan daring.  Bahkan, benihnya pun bisa dipesan dengan harga cuma Rp20.000 per satu amplop terdiri atas 250 biji. Yang mengejutkan, ada berbagai macam selada air, selada keriting, daun kecil, daun lebar, selada merah, dan seterusnya yang bisa ditanam sendiri dengan teknik hidroponik.

Di kantor pun bisa berkebun. Bahkan seledri dan cabai bisa ditanam dalam pot kecil di jendela. Mengapa selada air disebut sayuran super?  Karena ada 900 resep masakan dan 13 khasiat yang dibawa oleh selada air.  Bisa direbus, bisa juga dikunyah segar-segar.  Kementerian Kesehatan menyebutkan, setiap 100 gram daun selada memberi asupan 17 kalori energi, 2,2 gram karbohidrat, 3,1 gram protein, dan 0,7 gram serat.

Sebagai lalapan, selada air meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan antioksidannya sangat tinggi sehingga mujarab dalam menangkal serangan radikal bebas.  Itu menjelaskan tiga manfaat berikutnya yaitu mencegah serangan kanker, melindungi jantung, dan menurunkan tekanan darah. Laman Healthline mencatat senyawa isothiocyanat dalam daun selada air mampu mencegah kanker usus, kanker prostat, kaker paru, dan kanker kulit.

Berdasarkan penelitian Toxicology and Applied Pharmacology menulis bahwa senyawa isothiocyanat dan sulforaphan yang terdapat dalam daun selada air bisa menekan munculnya sel kanker payudara. Majalah Reader’s Digest menambahkan dua khasiat watercress termasuk menyehatkan tulang dan memperbaiki kinerja mata.  Alasannya, “Selada air mengandung vitamin dan mineral yang mampu memperkuat dan mempertahankan fungsi tulang. Mulai dari vitamin K, kalsium, magnesium, kalium, hingga fosfor.”

Selada air Nasturtium officinale sayuran multikhasiat antara lain sebagai “pencuci” darah.

Ditambahkan, “Vitamin K bertugas untuk mempercepat penyerapan kalsium, mengurangi ekskresi kalsium dalam urine, serta sebagai salah satu komponen osteocalcin yang merupakan protein pembentuk jaringan tulang sehat.” Kkhasiat lain selada air di antaranya berfungsi sebagai detoksifikasi, menghilangkan racun dari hati.  Kabarnya ini diperlukan untuk mengatasi efek mabuk akibat konsumsi alkohol.

Manfaat praktis

Yang lebih penting mencegah kerusakan deoxyribonucleic acid (DNA). Bisa dipahami karena antioksidan dalam selada menjaga kesehatan darah bila terpapar radikal bebas. Selain itu selada air bisa menurunkan kolesterol dan bobot badan. Kita bisa mengunduh Aneka Resep Diet Salad yang dirancang untuk menyehatkan pencernaan.  Bermacam cara menikmati selada air digandengkan dengan macam-macam bahan makanan sehat lain.

Bisa dengan jamur tiram, cabai gendot, kacang panjang, dan udang jerbung. Bahkan, dengan biji jambu mete. Kita diyakinkan bahwa temuan British Journal of Clinical Pharmacology,  “makanan yang mengandung nitrat, seperti selada air, terbukti dapat melebarkan pembuluh darah sekaligus melancarkan kerja pembuluh darah yang kaku.”  Ditambah lagi dengan laporan Acta Ophthalmologica Journal, bahwa kandungan vitamin C dalam selada air bisa menurunkan risiko terkena katarak–gangguan mata yang menjangikiti manusia lanjut usia.

Beruntung kalau kita mengenal dan menyukai selada air sejak kecil. Rasa syukur tidak berhenti, bila saya mengenang kebun-kebun selada di seputar mata air.  Barisan gerobak menuruni jalan dengan obor-obor menyala pada malam hari.  Sekarang baru sadar, betapa dari dulu warga desa berupaya menolong saudara di kota dengan sayuran sehat. ***

Tags: , ,

 

Powered by WishList Member - Membership Software