Ratu Batalkan Operasi

Filed in Obat tradisional by on 06/06/2013 0 Comments
Sambiloto terbukti secara ilmiah sebagaipenurun kadar gula darah

Sambiloto terbukti secara ilmiah sebagai
penurun kadar gula darah

Sebulan rutin konsumsi ekstrak kulit manggis, Kusmaya batal operasi jantung koroner.

Napas Kusmaya (58 tahun) terengah-engah seperti penderita asma. Ia merasa nyeri di dada. “Bagai tertimpa batu kali sebesar rumah,” tutur Kusmaya membayangkan sakit yang tak tertahankan pada Mei 2012 itu. Celakanya nyeri itu tak kunjung pergi. Selama 6 bulan ia merasakan sesak dan nyeri di dada hingga menjalar ke leher dan lengan. Rasa sakit itu rutin muncul pada siang dan malam hari. Tak tahan melihat suami tercinta kesakitan, sang istri pun membawanya ke rumahsakit terdekat di Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan.

Setelah memeriksa intensif, dokter mediagnosis Kusmaya mengidap jantung koroner. Saat itu diketahui terdapat 7 pembuluh darah di sekitar jantung tersumbat. Menurut dokter faktor utama penyebab tersumbatnya pembuluh darah itu kadar gula darah yang tinggi.  Saat itu kadar gula Kusmaya 460 mg/dl. Padahal, kadar gula darah normal antara 125—150 mg/dl. Berdasarkan hasil pemeriksaan, dokter menawarkan 2 pilihan untuk mengatasi jantung koroner, yaitu by pass atau kateterisasi.

Batal operasi

Menurut anggota staf pengajar senior di Departemen Kardiologi dan Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Dr dr Bambang Budi Siswanto SpJP(K), jantung koroner bisa disebabkan oleh diabetes, faktor keturunan, kadar kolesterol tinggi, hipertensi, stres, dan merokok. Pemeriksaan dengan program syntax clinical score, akan muncul skor dari seluruh indikator penyakit jantung koroner. Indikator meliputi berbagai keluhan pasien terkait jantung koroner seperti keringat dingin, nyeri dada, dan mual. Penanganan by pass, pemasangan cincin atau konsumsi obat dilakukan berdasarkan nilai skor.

Rutin berolahraga dapat membakar energi,gula darah pun stabil

Rutin berolahraga dapat membakar energi,
gula darah pun stabil

Menurut dokter di Poli Penyakit Dalam Rumahsakit Pusat Pertamina, dr Asep Saepul Rohmat SpPD, diabetes atau kencing manis adalah penyakit kelainan metabolisme yang ditandai oleh meningkatnya kadar gula darah. Itu akibat berkurangnya produksi insulin di pankreas, berkurangnya f

ungsi insulin, atau keduanya. “Kelainan metabolisme itu dapat berefek pada pembuluh darah khususnya kerusakan pada sel endotel pembuluh darah. Dampaknya menimbulkan reaksi inflamasi pada pembuluh darah” kata Rohmat.

Pada daerah inflamasi mengkibatkan tertahannya partikel-partikel dalam darah seperti kolesterol dan lemak. Tumpukan itu lama-kelamaan akan mengakibatkan lumen (lubang) pembuluh darah mengecil dan jadi tersumbat. Hal itu terjadi di semua pembuluh darah. Namun, karena pembuluh darah jantung berkelok-kelok, jadi berpeluang lebih mudah tersumbat.

Selama sebulan, Kusmayanadisarankan untuk beristirahat sebelum menjalani operasi. Lelaki 58 tahun memilih membaca sebagai kegiatan sehari-hari untuk menghindari kebosanan. Tidak disangka, aktivitas membaca itu menyebabkan Kusmaya memperoleh informasi khasiat kulit manggis untuk mengatasi jantung. Ia tertarik mengonsumsi ekstrak kulit manggis dan sambiloto sejak Mei 2012. Dosisnya  2 kapsul kulit manggis dan 1 kapsul sambiloto tiga kali sehari. Sepekan konsumsi simplisia kulit manggis dan sambiloto, kadar gula darah turun 20—30 poin.

Perubahan lain, mudah lelah dan sakit di dada pun berkurang. Selama 2

9 hari menunggu operasi itu, Kusmaya disiplin mengonsumsi ekstrak herbal kulit manggis dan sambiloto. Pada Juni 2012, ia menyiapkan dana dan mental menjalani operasi yang telah disepakati. Kusmaya datang  ke rumahsakit untuk menjalani pemeriksaan sebelum operasi. Usai memeriksa, “Dokter mengatakan 5 dari  7 pembuluh yang tersumbat sudah lancar kembali,” kata Kusmaya bahagia.

Kulit si ratu buah itu mengandung tanin yang berfungsi mengendalikan kadar gula dalam darah. “Sifatnya membatasi asupan gula pada pembuluh darah,” kata Dr Sukrasno MSi, ahli Farmakologi dari Sekolah Farmasi Institut Teknologi Bandung. Hal itu membuat kadar gula dalam darah cenderung stabil sehingga metabolisme peredaran darah normal. Niat pembuatan saluran baru atau peniupan saluran di jantung guna memperlancar peredaran darah pun batal.

Sumbatan

Menurut Asep Saepul Rohmat terdapat 3 pembuluh darah utama ke jantung: kiri, kanan, dan yang mengelilingi jantung. Setiap pembuluh darah itu mengaliri darah masing-masing bagian dari otot jantung. “Pada kasus Kusmaya, 7 pembuluh darah itu bisa saja selain dari pembuluh darah utama. Jadi ada beberapa sumbatan di cabang-cabang pembuluh darah utama, sehingga harus penanganan dengan by pass atau kateterisasi,” kata Asep.

Sumbatan di bawah 25% biasanya cukup diobservasi dan diberi obat-obatan. Sumbatan antara 25—70% diatasi dengan pemasangan stent atau ring, sedangkan di atas 70% umumnya dilakukan by pass. Hal serupa disampaikan oleh dokter Andhika Rachman SpPD dari divisi Hematologi dan Onkologi Medik Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Manggis Encerkan Darah

Manggis Encerkan Darah

Menurut dr Asep tindakan kateterisasi dilakukan pada orang-orang yang dicurigai mempunyai sumbatan pada pembuluh darah dengan melihat faktor-faktor risiko. Faktor-faktor risiko itu di antaranya obesitas, merokok, kolesterol tinggi, diabetes, dan faktor keturunan. Kateterisasi juga dijadikan terapi khususnya untuk pemasangan ring (stent) atau membuang sumbatan dengan balon. Namun, apa pun tindakannya, lebih baik mencegah dibandingkan mengobati.

Jantung merupakan organ penting bagi tubuh sehingga tidak boleh ada satu pun pembuluh darah di jantung tersumbat. “Jangankan sumbatan di jantung, sumbatan di pembuluh darah kaki pun bisa menimbulkan kecacatan,” ujar Asep. Selain menghindari konsumsi makanan yang mengandung kolesterol, pemanis buatan, dan jeroan, kadar gula berlebih bisa diatasi dengan rutin berolahraga. Menurut Yusuf Prianto SSi, Farmakognosi terapi dari CV Permana Putra, produsen beragam herbal, cara termudah membakar glukosa jadi energi dengan berolahraga. (Pressi Hapsari Fadlillah/Peliput: Bondan Setiawan)

  1. Sambiloto terbukti secara ilmiah sebagai penurun kadar gula darah
  2. Kandungan xamthone pada kulit manggis mampu membaiki sel yang rusak
  3. Manggis Encerkan Darah
  4. Kelainan metabolisme terjadi ketika kadar gula darah tinggi. Sel endotel meradang sehingga, partikel-partikel kolesterol dan lemak tertahan. Lubang darah mengecil maka terjadi penyumbatan. Kulit manggis dan sambiloto menurunkan kadar gula darah. Metabolisme kembali normal, sumbatan pun hilang
 

Powered by WishList Member - Membership Software