Rasa Kunyit Kian Asyik

Filed in Majalah, Obat tradisional by on 11/12/2019

Turmeric latte memberikan suasana baru untuk konsumsi jamu.

 

Mengolah rimpang kunit menjadi minuman lezat dan berkhasiat.

Jamu identik dengan tradisional dan pahit. Di tangan Jessica Arizona jamu berubah menjadi modern dan lezat. Perempuan 33 tahun itu mengolah rimpang kunyit Curcuma longa menjadi serbuk turmeric latte instan. Sebutan turmeric mengacu pada serbuk kunyit. Adapun latte berarti susu. Minuman itu memang paduan serbuk kunyit dan susu. Sayang, Jessica enggan menceritakan teknologi untuk mendapatkan serbuk kunyit.

Jessica Arizona, pendiri Daunbotanics.

<script async src=”https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js”></script>
<ins class=”adsbygoogle”
style=”display:block”
data-ad-format=”fluid”
data-ad-layout-key=”-er+o+l-go+rw”
data-ad-client=”ca-pub-4696513935049319″
data-ad-slot=”3417295201″></ins>
<script>
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
</script>

Jessica Arizona percaya produk yang dibuat dengan tangan para pekerja dapat menyalurkan energi positif dan kasih sayang kepada para konsumen.  Ia mencampur serbuk kunyit dan susu dengan tambahan rasa lain seperti red velvet, cokelat, dan jahe sebagai pelengkap. Bahan minuman itu siap saji dan praktis. Konsumen tinggal mencampurkan serbuk instan ke dalam susu panas atau dingin, puding, dan smoothies.

Tahan 6 bulan

Konsumen juga dapat menambahkan air dingin sekalipun, mengaduk rata, dan tinggal seruput. Cita rasanya lezat karena Jessica memprosesnya secara alami tanpa tambahan bahan pengawet, gula, dan krimer. Meski demikian, minuman kreasi Jessica tidak pahit, bahkan amat lezat. Perempuan kelahiran 14 Februari 1986 itu fokus menggarap olahan herba. Oleh karena itu, ia mendirikan perusahaan daunbotanics pada pertengahan 2016.

Formula daunbotanics terinspirasi dari  haldi doodh atau susu emas—minuman yang memadukan kunyit dan susu. Itu salah satu resep Ayurveda, salah satu tradisi pengobatan tertua di India sejak 5.000 tahun lalu. Kata ayur berarti kehidupan dan veda berarti pengetahuan. Ayurveda berarti kesehatan bersifat menyeluruh dan setiap elemen kehidupan saling mempengaruhi.

Menurut Jessica khasiat minuman instan olahan rimpang kunyit itu beragam seperti antiinflamasi dan relaksasi saraf. Koordinator Rumah Riset Jamu Hortus Medicus, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, dr. Danang Ardiyanto mengatakan, kunyit mengandung senyawa aktif kurkumin. Dokter alumnus Universitas Gadjah Mada itu mengatakan, kadar kurkumin pada rimpang kunyit mencapai 3—4%.

Senyawa kurkumin berkhasiat sebagai antiinflamasi. Cara kerjanya menghambat sikloksigenase (antinyeri), penghambatan lipoksigenase, dan antioksidan. Jessica juga memproduksi minuman berbahan dasar serbuk kunyit dengan rasa lain yaitu vanila, cokelat, vanila chai, dan matcha chai. Bahan utama minuman tetap serbuk kunyit yang dominan. Jessica mengemas minuman siap saji itu dalam kantong atau standing pouch berbobot 75 gram.

Jessica mengatakan, minuman mampu bertahan hingga 3—6 bulan sejak pengemasan. Masyarakat menggemari minuman bikinan Jessica. Jenis favorit antara lain vanila dan kakao. Ia memasarkan produk ke lebih dari 30 toko daring dan luring di Jakarta dan Bali. Masyarakat mudah menemukan beragam minuman kesehatan itu di studio yoga dan retreat center.

Kunyit organik

Daunbotanics dikemas dengan sederhana namun cita rasa yang kaya.

Menurut Jessica, “Menjaga kualitas bahan baku merupakan kewajiban karena hal itu yang menjadikan kami spesial.” Lokasi penanaman mempengaruhi kadar kurkumin dalam rimpang kunyit. Oleh karena itu, Jessica hanya memanfaatkan kunyit organik dari Pulau Bali. Para petani di daerah itu mengantongi sertifikat organik. Ia bekerja sama dengan perusahaan yang mengelola petani kunyit.

Sarjana Psikologi alumnus University College London itu percaya dan menyerahkan penuh kualitas bahan baku mulai dari bibit, panen, penyortiran, dan pengemasan. Sebagai gambaran kunyit panen muda menyebabkan kadar kurkumin tidak maksimal. Salah satu misi Jessica adalah menyejahterakan petani lokal dan memperjuangkan produk lokal. Satu-satunya bahan yang didatangkan dari luar negeri adalah matcha. Ia ketat menjaga mutu bahan baku agar mampu menghasilkan minuman berkualitas.

Jessica merintis daunbotanics sendiri sejak awal. Ia merasa puas karena berhasil menembus pasar dan mengatasi persaingan bisnis. Di pasaran terdapat beberapa produk sejenis. Namun, permintaan produk Jessica terus tumbuh. Namun, ia merahasiakan persentasenya. Selain nitu msyarakat juga memberi respons positif melalui media sosial. Jessica kerap bertemu orang tak dikenal yang mengetahui produknya.

Semula Perempuan kelahiran 14 Februari 1986 itu ketagihan kafeina. Ia merasa mendapatkan ketenangan dan menghilangkan lelah setelah menyeruput secangkir kopi. Kesadaran kesehatan menuntun Jessica mengonsumsi herba. Berawal dari konsumsi bersama pasangan, kini Jessica menularkan gaya hidup sehat kepada orang lain. (Hanna Tri Puspa Borneo Hutagaol)

Tags: , ,

 

Powered by WishList Member - Membership Software