Ramah Bagi Hati

Filed in Majalah, Obat tradisional by on 12/10/2020

Phyllanthus niruri bermanfaat sebagai immunomodulatir, hepatoprotektor, dan antivirus.

Menurut dokter di Rumah Sakit Holistika Medika, Yogyakarta, dr. Sidi Aritjahja, meniran bersifat imunomodulator atau memperbaiki sistim kekebalan tubuh. “Antioksidan itu bertugas menstimulasi produksi endogen agar daerah sekitar luka kondusif sehingga mempercepat proses penyembuhan luka,” kata dokter alumnus Universitas Gadjah Mada itu. Selain itu kandungan senyawa aktif meniran dapat melindungi atau memperbaiki sel hati.

Artinya tanaman anggota famili Phyllanthaceae itu memiliki sifat hepatoprotektor. Jadi, meniran ramah untuk kesehatan organ hati. Banyak herbalis yang meresepkan meniran untuk para pasien. Herbalis di Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, Ujang Edi, juga kerap meresepkannya. Menurut Ujang Edi meniran berkhasiat sebagai pelindung hati.

Masyarakat kerap menganggap meniran sebagai gulma. Padahal, herbalis alumnus Universitas Diponegoro itu juga memanfaatkan meniran untuk mengatasi keluhan pasien yang biasanya disebabkan karena hepatitis, asam urat, dan diabetes melitus. Peran meniran sebagai pembangun sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, pasien beragam penyakit juga mengonsumsinya. (Hanna Tri Puspa Borneo Hutagaol)

Tags: , ,

 

Powered by WishList Member - Membership Software