Ragam Bahan Buah Tangan

Filed in Laporan khusus, Majalah by on 04/03/2018
Sukulen dan kaktus masih menjadi favorit masyarakat untuk suvenir pernikahan.

Sukulen dan kaktus masih menjadi favorit masyarakat untuk suvenir pernikahan.

Beberapa jenis tanaman hias dapat menjadi pilihan dijadikan suvenir.

Tanaman hias kini tak sekadar berfungsi penghias taman. Masyarakat di tanah air menggunakan tanaman hias sebagai buah tangan untuk para pengunjung sebuah acara, seperti pernikahan, ulang tahun, atau seminar dan temu wicara. Salah satu contoh pasangan artis Raisa Andriana dan Hamish Daud yang memilih kaktus mini sebagai suvenir pernikahan mereka di Jakarta pada September 2017.

Adenium dan anthurium.

Adenium dan anthurium.

Menurut anggota staf Desain dan Marketing Lot Of Flowers (LOF), produsen suvenir tanaman hias di Cipete, Jakarta Selatan, Doni Manaf, tanaman hias yang digunakan untuk suvenir sebetulnya tak hanya kaktus atau sukulen. “Sebaiknya pilih tanaman yang dapat tumbuh baik meski minim perawatan,” ujarnya. Pemilik LOF dan toko bunga Laxmi Creations di Jakarta, Darwin Senjaya, menuturkan, selain tanaman yang unik dan menarik, tanaman hias yang digunakan juga dapat beradaptasi meski disimpan dalam ruangan. Saat ini LOF mengusung konsep plant showroom. Artinya, dengan suvenir itu setiap orang bisa meletakkan dan menikmati keindahan tanaman hias itu di dalam ruangan sehingga membuat mereka lebih betah.

Kokedama milik Faldi Adisajana terjual hingga 500 buah per bulan.

Kokedama milik Faldi Adisajana terjual hingga 500 buah per bulan.

Untuk memenuhi kebutuhan suvenir, Darwin dan tim bekerja sama dengan para petani tanaman hias lokal. “Kami berharap dapat membantu menjual berbagai tanaman hias produksi petani lokal dengan membuka peluang pasar di toko kami.” ujar alumnus Ilmu Hortikultura di Universitas Florida, Amerika Serikat, itu. Berikut beberapa contoh jenis–jenis tanaman hias yang dapat dijadikan suvenir. (Marietta Ramadhani)

Banyak Pilihan Bahan

Banyak Pilihan Bahan

Tags: ,

 

Powered by WishList Member - Membership Software