Racik Pakan Lele

Filed in klinik satwa by on 01/02/2013 0 Comments
  1. Saya sedang belajar beternak lele sangkuriang. Bagaimana formula dan komposisi pakan yang tepat agar diperoleh lele ukuran konsumsi (isi 7-8 ekor per kg) dalam waktu 2 bulan?
  2. Berapa kapasitas mesin pencetak pelet yang sebaiknya digunakan untuk memelihara sekitar 2.500 ekor bibit tebar berukuran 10-12 cm?
  3. Apakah ada rekomendasi tentang mesin pengolah pelet apung terbaik dan efisien?

Santoso, SH

Desa Ngemplak, RT 02 RW 07, Selomerto, Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah

Pepen Effendy

  1. Dalam membuat formula pakan ikan sendiri, Anda perlu mengetahui kadar protein pakan untuk mempermudahkan mengatur komposisi bahan baku. Berikut contoh komposisi bahan baku untuk membuat 100 kg pelet:

–    Tepung ikan                                        25  bagian

–    Tepung daging                                     10  bagian

–    Tepung kedelai atau ampas tahu kering 20  bagian

–    Dedak halus                                        25  bagian

–    Tepung daun                                        8  bagian

–    Vitamin dan mineral                               2  bagian

Total                                                      100  bagian

Selanjutnya kalikan jumlah bahan dengan kandungan protein tiap bahan untuk mendapat kadar protein masing-masing, kecuali vitamin dan mineral. Kadar protein pakan jadi (pelet) dapat diketahui dengan menjumlahkan seluruhnya. Sebagai contoh kandungan protein tepung ikan 60%. Maka untuk mengetahui kadar protein tepung ikan hitung dengan cara berikut: 60/100 x 25 = 15. Begitu seterusnya sampai didapat kadar protein semua bahan baku.

  1. Untuk skala pemeliharaan 2.500 bibit lele diperlukan pakan rata-rata 3 kg/hari, cukup menggunakan gilingan daging secara manual untuk membuat pelet. Pada bulan pertama, dosis pakan 5% bobot ikan/hari. Pada bulan kedua sebanyak 3% bobot ikan/hari.
  2. Untuk membuat pelet apung gunakan mesin extruder.
  3. Namun demikian, untuk memelihara 2.500 ekor benih lele, lebih disarankan untuk menggunakan pakan komersial bermerek yang beredar di pasaran terlebih dulu sebagai ujicoba. Biaya yang dikeluarkan lebih hemat ketimbang membuat pakan sendiri dan kualitas pakan terjaga. ***

 

Keterangan Foto :

  1. Lele sangkuriang

 

 

Powered by WishList Member - Membership Software