Pupuk Hayati dan ZPT

Filed in pakar menjawab by on 05/12/2010 0 Comments

 

  1. Apa perbedaan dari ketiganya?
  2. Apakah pupuk hayati bisa digunakan tanpa kombinasi dengan pupuk kimia? Selain mikroba, apakah semua pupuk hayati mengandung unsur hara dan jumlahnya memadai sehingga tidak perlu tambahan pupuk kimia?
  3. Apakah pupuk organik atau pupuk kandang memerlukan tambahan pupuk kimia saat diaplikasikan pada tanaman perkebunan atau buah?
  4. Bagaimana cara penggunaan ZPT yang benar? Disemprot ke daun atau ke tanah? Bagaimana mekanisme ZPT bisa mengembalikan kesuburan tanah?

 

M. Amin
mangindo@yahoo.com

 

Yos Sutiyoso

  1. Pupuk organik berasal dari jasad hidup, yang bahan bakunya mengandung unsur karbon (C), misalnya limbah pertanian, tanaman pupuk hijau, dan pupuk kandang. Pupuk organik mampu memperbaiki sifat fisik tanah antara lain tekstur tanah. Keremahan tanah meningkat sehingga menunjang perkembangan akar, mempermudah drainase, dan memperbaiki aerasi tanah. Pupuk hayati dihasilkan oleh mikroorganisme misalnya rhizobium di dalam bintil akar tumbuhan legiminosa seperti kedelai. Rhizobium mengikat nitrogen dari udara dan menghasilkan nitrat. Nitrat itu yang dipertukarkan dengan tanaman inang untuk mendapatkan karbohidrat sebagai sumber energinya. Proses berlaku secara simbiosis mutualisme (saling menguntungkan). ZPT dihasilkan oleh tanaman sendiri tapi bila dianggap kurang maka dapat ditambah dari luar. Tugasnya adalah untuk memicu dan memacu suatu proses di dalam tanaman.
  2. Pupuk hayati terkadang hanya mengandung sedikit nutrisi. Oleh karena itu sebaiknya tambahkan pupuk anorganik untuk mencapai produksi panen tinggi dan kualitas yang baik. Berikan pupuk dalam jumlah cukup sehingga tanaman tidak menguras hara makro dan mikro dari dalam tanah.
  3. Untuk kebun buah sebaiknya kombinasikan antara penggunaan pupuk organik dengan pupuk kimia anorganik seperti pupuk kompon NPK.
  4. Tiap ZPT memiliki cara aplikasi tersendiri. Misalnya untuk ZPT yang mempengaruhi meristem atau titik tumbuh di ujung ranting sebaiknya disemprotkan langsung ke sasaran. ZPT untuk memperbaiki fisika atau kimia tanah sebaiknya disemprotkan ke tanah.***
 

Powered by WishList Member - Membership Software