Pink Awet Kinclong

Filed in Majalah, Tanaman hias by on 05/10/2020

Letakkan anthurium di tempat dengan cahaya dan sirkulasi udara cukup.(foto:Prapto Sidomukti)

Anthurium hookeri pink berwarna kinclong menawan ketika hidup di tempat berketinggian lebih dari 700 m di atas permukaan laut (dpl). Begitu dibawa ke tempat rendah, “Banyak yang mengeluhkan warnanya menjadi kusam atau pudar,” kata penyilang dan pebisnis anthurium di Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Prapto Sidomukti. Pehobi dan penyilang anthurium di Kota Malang, N. Ian Indrasvari menyarankan agar pehobi yang tinggal di dataran rendah meletakkan hookeri pink itu di tempat dengan cahaya dan sirkulasi udara yang cukup.

Selain itu, Prapto menyarankan kolektor hookeri pink agar rutin menyemprot tanamannya menggunakan pengabut. “Tujuannya meniru iklim mikro dataran tinggi yang kadang berkabut,” katanya. Pemilik bisa meletakkan di teras, beranda, atau dak rumah yang rutin mendapat sinar matahari tapi tidak berlebih untuk kepraktisan. Jika koleksi sedikit, penyemprotan bisa menggunakan hand sprayer.

Lakukan penyemprotan saat udara kering dan panas terutam saat kemarau. Gunakan media porus seperti kompos daun bambu, pakis, biji kapuk, atau pasir kasar. Media porus menjadikan aerasi di perakaran lancar. Upaya itu demi penampilan hookeri konclong agar tetap menawan hati. (Argohartono Arie Raharjo)

Tags: , ,

 

Powered by WishList Member - Membership Software