Pertanian Penyelamat

Filed in dari redaksi, Rubrik Tetap by on 01/12/2020

Modal bisnis kerap menjadi dalih atau alasan yang dicari-cari oleh calon pengusaha. Atikah, S.E, menghapus stigma itu. Ia mulai berbisnis dengan modal Rp700.000 pada 2017. Ada Agus Salim, S.T.P. di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, yang mengawali agribisnis di garasi rumahnya. Agus mengolah aneka tanaman obat menjadi produk siap seduh. Ir. Erwin Karnadi beragribisnis di halaman rumahnya di Kota Depok, Jawa Barat. Erwin mengekspor aneka sansevieria ke Eropa.

Mereka, Atikah, Agus Salim, dan Erwin Karnadi memulai agribisnis dengan sederhana. Ketika bisnis makin berkembang, mereka pun mengambil keputusan sama: berhenti bekerja kantoran demi menggeluti bisnisnya. Audaces fortuna iuvat, nasib baik menolong mereka yang berani. Mereka hanya contoh dari sekian banyak pengusaha pertanian yang sukses. Ketika pagebluk korona, permintaan akan komoditas pertanian dan olahannya justru melonjak signifikan.

Pertanian itu anomali. Ketika sektor lain tiarap, pertumbuhan sektor pertanian saat pandemi korona justru positif. Badan Pusat Statistik mencatat, kontribusi pertanian naik menjadi 15,46% pada kuartal kedua 2020 dibandingkan dengan kontribusi periode yang sama 2019 (13,57%). Empat sektor lain yang memengaruhi perekonomian (industri, perdagangan, konstruksi, dan pertambangan) mengalami konstraksi akibat pandemi korona.

Atas dasar itulah redaksi majalah Anda mengulas topik utama mereka yang bertahan di tengah krisis. Redaksi mengulas 30 pengusaha agribisnis. Edisi khusus ini sekaligus untuk memperingati hari ulang tahun ke-51 Majalah Trubus. Media pertanian itu terbit perdana pada 1 Desember 1969. Hingga kini Majalah Trubus telah terbit 613 edisi tanpa tanpa jeda. Seperti halnya sektor pertanian, permintaan Majalah Trubus saat pandemi pun melonjak.

Kemampuan bertahan di tengah “lautan media” juga layak disyukuri. Dewan Pers mencatat, Indonesia memiliki media terbanyak di dunia. Sekadar contoh jumlah media daring 47.000 media. Majalah Trubus tetap bertahan di negeri agraris itu berkat pembaca. Oleh karena itu, pada hari ulang tahun redaksi memberi kado edisi khusus kepada pembaca budiman. Selamat menikmati sajian kami, semoga menginspirasi.

Salam

Sardi Duryatmo

Tags: ,

 

Powered by WishList Member - Membership Software