Penghulu Putri Bangsawan

Filed in Topik by on 01/03/2009 0 Comments

 

Begitulah Master Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Gadjah Mada itu menghabiskan malam begitu memasuki Agustus-September. Ketika itulah dragon fruit di kebun di belakang Monumen Yogya Kembali, Yogyakarta mulai berbunga. Itulah saat bagi Ninuk membantu proses penyerbukan bunga supaya tingkat keberhasilan menjadi buah tinggi.

Masalahnya bunga dragon fruit mekar di malam hari. ‘Paling cepat jam 10 malam,’ tutur sulung 3 bersaudara itu. Menurut Paulus Tribrata Budiharjo, pekebun di Glagah, Yogyakarta, bunga mekar sempurna pukul 24.00. Tingkat keberhasilan penyerbukan saat itu di atas 85%. Pantas tak jarang Ninuk mesti bermalam di kebun.

Sehari layu

Ketika musim bunga tiba 750 kuntum mekar tiap malam. Sosoknya menawan dan menguarkan aroma harum-makanya mendapat julukan putri bangsawan. Proses penyerbukan 1 bunga menghabiskan 1 menit. ‘Itu pun buat yang sudah biasa. Waktu saya baru belajar bisa sampai 5-10 menit,’ imbuh Ninuk. Makanya supaya semua bunga bisa diserbuki Ninuk mesti dibantu 2 orang pegawainya.

Di tengah malam buta saat kebanyakan orang tengah terlelap mereka memburu bunga mekar. Sebuah senter yang melingkar di kepala jadi sumber cahaya. Kuas di tangan dipakai untuk memulas serbuk sari ke kepala putik di bunga yang sama. Jika posisi bunga di atas, perempuan yang menolak tawaran jadi dosen di almamaternya demi mengurus kebun buah naga keluarga itu menenteng lalu naik tangga supaya bunga bisa diserbuki. Hujan deras di malam hari pun tak kuasa menahan Ninuk. ‘Bunga mesti tetap diserbuki, kalau ditunda besok ya sudah layu,’ katanya.

Toh semua pengorbanan itu berbuah manis. Memasuki Oktober dargon fruit mulai dipanen. Volume panen terus meningkat pada November-Desember, musim raya. Dari panen pada akhir 2008 Ninuk menuai 1 ton buah per minggu dari 1.064 pohon di 266 tiang. Dengan harga di kebun Rp25.000 per kg, omzetnya Rp25-juta per minggu. Jerih-payah Ninuk jadi penghulu pun terbayar sudah. (Evy Syariefa/Peliput: Ari Chaidir)

 

Powered by WishList Member - Membership Software