Pemprov Jawa Tengah dan Trubus Dukung Event Pertanian Organik 2020

Filed in Peristiwa by on 18/02/2020

Ketua pengurus Trubus Bina Swadaya, Dr. Bayu Krisnamurthi bertemu dengan Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah pada 17 Februari lalu. Pada kesempatan itu Bayu menyampaikan rencana pelaksanaan Semarang Organic Asia 2020 pada 26 Oktober-1 November 2020. Acara akbar tingkat Asia itu merupakan kerjasama International Federation Organic Movement (IFOAM) Asia dengan Trubus Bina Swadaya dan Aliasi Organis Indonesia.

Sejumlah agenda kegiatan bakal digelar, berupa kongres, pelatihan, tur, pameran, bursa, lomba, talkshow, dan demo. Akan dilaksanakan juga Trubus Kusala Swadaya, penghargaan bagi para pegiat kewirausahaan yang tahun ini mengambil tema Pertanian Organik.

Saat pertemuan Ganjar Pranowo  menyampaikan perhatiannya pada peluang pengembangan pertanian organik sebagai bagian dari usaha mengatasi masalah degradasi pertanian pedesaan akibat intensifikasi pertanian yg berlebihan. Misalnya pada usaha bawang merah di Brebes.

Lebih lanjut dibicarakan kemungkinan mengembangkan pertanaman organik dalam rangka peningkatan kualitas bahan pangan sehat untuk anak dan orang dewasa. Dalam hal ini pertanian organik sebagai produk bernilai tambah tinggi untuk meningkatkan pendapatan petani. Berdasarkan sejumlah kajian ilmiah, produk organik lebih banyak mengandung zat gizi dan vitamin yang mampu menjaga kesehatan konsumennya. Pertanian organik identik dengan pertanian selaras alam dan berkelanjutan.

Merefleksikan proses produksi yang mengikuti kaidah alam dan menghindari pertanian padat input kimia, serta menekankan pentingnya kemandirian atau kedaulatan petani. Di akhir pertemuan, Ganjar menyampaikan dukungan terhadap event Organic Asia tersebut dan akan mengkoordinasikan lebih lanjut dengan jajaran instansi terkait.

Tags: , ,

 

Powered by WishList Member - Membership Software