Pasar Aroid Mendunia

Filed in Majalah, Topik by on 02/11/2020

Monstera mint salah satu varian monstera kelas atas, harga mencapai Rp50 juta per daun.

Menurut pehobi tanaman hias di Kecamatan Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat, Chandra Gunawan, permintaan tanaman hias kini dari seluruh dunia. Artinya bukan sekadar, memenuhi kebutuhan dalam negeri. Jika hanya memasok pasar domestik mungkin harga tanaman dalam 1—2 tahun akan turun. Namun, jika berbicara memasok kebutuhan dunia harga akan relatif stabil.

Menurut Chandra bisnis aroid memang unik, artinya pelaku harus berani mengambil risiko. Jika mengirim tanaman mahal ke mancanegara dan ada kendala di pengiriman barang belum tentu bisa kembali. Namun, dibalik risiko tinggi juga menjanjikan keuntungan tinggi. Contohnya, jika memperbanyak tanaman seharga Rp10 juta per daun maka untung akan berlipat dari hasil menjual setek tanaman.

Menurut penjual tanaman hias di Desa Ciapus, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor, Furkon Hidayat, permintaan dari luar negeri terutama tanaman dengan penamaan spesies jelas. Artinya penjual tanaman di tanah air dituntut memahami spesies yang dijual jika ingin memenuhi permintaan luar negeri. Menurut Vatek—panggilan akrab Furkon Hidayat—tanaman hibrida atau hasil persilangan pun penjual harus tahu dan bisa menjelaskan spesies tetuanya pada konsumen luar.

Penjual tanaman hias di Kecamtan Bojongsari, Kota Depok, Nanang Koswara mengatakan, kini tren variegata pun sudah bisa diterima konsumen dunia, terutama Eropa dan Amerika Serikat. Harap mafhum, semula variegata di dunia barat memang dianggap penyakit. Imbas dari ekspor itu membuat pehobi anyar di dalam negeri juga bermunculan. Bahkan saking tingginya permintaan dalam negeri, membuat harga jual di dalam negeri justru lebih tinggi dibandingkan dengan harga jual ke luar negeri. (Muhamad Fajar Ramadhan/Peliput: Sinta Herian Pawestri )

Tags: , ,

 

Powered by WishList Member - Membership Software