Pasar Anggrek Terkerek

Filed in Majalah, Tanaman hias by on 03/12/2020

Penjualan rangkaian anggrek sebagai hadiah kepada orang terkasih cenderung meningkat.

 

Bisnis anggrek cenderung meningkat. Anggrek dalam rangkaian sebagai hadiah diminati masyarakat.

Ir. Joko As’ad, Sales and Marketing Manager PT Ekakarya Graha Flora.

“Tadi ada 3 orang membeli rangkaian anggrek sebagai hadiah ulang tahun untuk satu orang yang sama. Jadi, satu orang menerima 3 rangkaian anggrek dari 3 orang berbeda,” kata Sales and Marketing Manager PT Ekakarya Graha Flora, Ir. Joko As’ad, ketika Trubus berkunjung ke galeri anggrek di Bangka, Kecamatan Mampangprapatan, Jakarta Selatan. Bahkan, ketika ada orang penting atau pejabat berulang tahun, belasan rangkaian anggrek di galeri yang berdiri pada 2013 itu ludes dalam sehari.

Rangkaian bunga terdiri atas 3—7 anggrek jenis tertentu yang digabungkan sedemikian rupa sehingga enak dipandang. Penggunaan pot pun diperhatikan betul agar penampilan anggrek makin sempurna. Menurut Joko penjualan anggrek terbantu dengan adanya rangkaian bunga itu. “Beruntung ada produk gift itu sebagai hantaran. Orang tidak bisa bertemu selama pandemi korona. Mereka bersilaturahmi dengan mengirimkan bunga,” kata pria yang menggeluti bisnis anggrek sejak 1989 itu.

Penjualan daring

Beberapa kelebihan rangkaian anggrek dibandingkan dengan bunga potong yakni masa berbunga lebih lama mencapai tiga pekan. Bandingkan dengan bunga potong yang hanya bertahan lima hari. Memberikan kerabat dan kolega rangkaian anggrek lebih bergengsi dan pemberi lebih lama diingat penerima karena masa berbunga relatif lama. Kelebihan lainnya yakni keindahan anggrek bisa langusng dinikmati tanpa harus merangkai terlebih dahulu. Apalagi pemilik rangkaian bisa terus menikmati keindahan anggrek berulang-ulang dengan perawatan yang tepat.

Setiap konsumen menerima panduan merawat anggrek agar dapat berbunga lagi. Hindari meletakkan anggrek tepat di bawah embusan pendingin ruangan dan matahari langsung membantu bunga itu mekar lebih lama. Yang paling penting harga anggrek lebih mahal dalam rangkaian daripada dijual satuan. Selisihnya mencapai sekitar dua kali lipat. Tentu saja itu menguntungkan perusahaan. PT Ekakarya Graha Flora memberikan garansi penggantian jika bunga dalam rangkaian rontok dalam sepekan.

Rangkaian anggrek kerap dijadikan hadiah ulang tahun, perayaan hari besar agama tertentu, dan ungkapan belasungkawa. Setiap momen diwakili warna tertentu. Masyarakat Tionghoa menghendaki anggrek putih untuk menyatakan duka. Adapun hadiah ulang tahun anggrek berwarna merah. “Ada aturan yang mesti diketahui,” kata Joko. Lokasi galeri yang strategis dan berada di kawasan elite memudahkan konsumen memilih anggrek langsung di tempat.

Pasar anggrek relatif stabil karena bunga itu memiliki penggemar yang loyal.

PT Ekakarya Graha Flora juga menggunakan lokapasar atau marketplace untuk penjualan secara daring dan menyasar retail sejak pandemi korona. Joko mengatakan, tantangan ke depan orang tidak perlu melihat fisik. Oleh sebab itulah, Joko memastikan kualitas, kuantitas, dan kontinuitas produk mesti dijaga. Respons pasar juga bagus dengan kehadiran anggrek Ekakarya di lapak digital. Sebelumnya perusahaan yang memiliki nurseri di beberapa daerah itu menyasar retail modern sejak 2010.

Sejak saat itu lebih banyak masyarakat yang mengenal anggrek berkulitas Ekakarya. Pandemi korona membuat penjualan anggrek PT Ekakarya Graha Flora menurun hingga 60% pada Maret—April 2020. Saat itu sesuai anjuran pemerintah, toko-toko tutup sehingga tidak ada penjualan. Ketika kondisi membaik, toko hanya diminta buka sebagian sehingga penjualan juga belum maksimal. Selama ini penjualan anggrek produksi perusahaan yang berdiri pada 1997 itu melalui galeri, distributor, subdistributor, dan perangkai bunga (florist).

Terus bertumbuh

Joko menuturkan, kenaikan permintaan anggrek mulai Mei 2020. Selain Lebaran, permintaan meningkat karena masyarakat mencari tanaman untuk hiburan setelah sekian lama berdiam dalam rumah. Joko meyakini prospek bisnis anggrek tetap cerah. Buktinya produksi dan penjualan anggrek Ekakarya cenderung meningkat saban tahun. Semula Ekakarya memiliki 1 hektare kebun anggrek bulan dan 2 hektare kebun dendrobium.

Kapasitas produksi saat itu mencapai ribuan anggrek per bulan. Kini terdapat 2,5 ha kebun anggrek bulan di Sukabumi, Jawa Barat dan 5 ha kebun sejenis di Karawang, Jawa Barat. Kebun dendrobium seluas 12 ha pun di Karawang. Meluasnya kebun meningkatkan kapasitas produksi yang kini mencapai puluhan ribu anggrek. Selain melayani penjualan dalam negeri, PT Ekakarya Graha Flora pun menerima pesanan dari mancanegara. Artinya kualitas anggrek Ekakarya pun diakui dunia. (Riefza Vebriansyah)

Tags: , ,

 

Powered by WishList Member - Membership Software