Pangan Lokal Sultra Modal Penting Perekonomian Daerah dan Nasional

Filed in Laporan khusus, Majalah by on 03/11/2019

Peringatan Hari Pangan Sedunia ke 39 diselenggarakan di Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara. Pembukaan peringatan dihadiri Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo. Pada kesempatan tersebut, Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi menyatakan kegiatan HPS harus dapat memperkuat kerja sama dan membangun koordinasi fungsional dengan melibatkan seluruh komponen pemerintah dan elemen masyarakat untuk menjaga kedaulatan pangan. Dengan demikian, semua pihak dapat berpartisipasi aktif dalam membangun kemandirian dan ketahanan pangan di tengah ancaman krisis pangan dunia.

Menurut Ali Mazi, potensi pangan di Sulawesi Tenggara menjadi modal penting untuk memajukan daerah dan sekaligus memberikan kontribusi pangan secara nasional. Untuk itu, pemerintah provinsi Sultra membutuhkan dukungan dari Kementan dan kementerian terkait lainnya untuk menempatkan program-program strategis nasional menjadi perhatian utama. Dengan demikian dapat berdampak meningkatkan nilai tambah dan perekonomian masyarakat.

Pernyataan Gubernur Sultra tersebut diapresiasi oleh Direktur Jenderal FAO, Stephen Rudgard. Ia menyatakan, sangat menghargai semangat pemerintah Indonesia, juga upaya dan langkah Kementan untuk meningkatkan mata pencaharian petani kecil. Termasuk kesiapan berupa langkah memperkuat ketahanan mereka terhadap guncangan atau bencana, juga perbaikan akses terhadap kredit usaha pertanian. Diharapkan upaya ini mendorong kaum muda untuk tetap bertani.

“Perserikatan Bangsa-Bangsa meluncurkan Dekade Pertanian Keluarga pada Mei 2019, dan Indonesia telah menerima ajakan untuk bertindak terkait hal ini. Saya sangat senang melihat komitmen Bapak Menteri terhadap rencana nasional untuk memberdayakan keluarga petani guna menghadapi tantangan di masa depan,” ujar Stephen.

Tags: ,

 

Powered by WishList Member - Membership Software