Pahit Musuh Malaria

Filed in info sehat, Rubrik Tetap by on 10/04/2021

Daun pepaya untuk pertolongan pertama meredakan gejala malaria.

Herbalis di Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten, Yayuk Ambarwulan, beberapa kali meresepkan herbal untuk pasien malaria. “Ada yang saat malam hari demam tinggi, siang hari biasa saja. Ada yang siang dan malam demam tinggi. Demam tinggi terkadang sampai menggigil. Lama-lama pucat,” kata Yayuk. Bila tak ditangani dengan tepat, infeksi parasit tersebut dapat menyebabkan kematian.

Yayuk menganjurkan konsumsi daun sambilata Andrographis paniculata. Cara konsumsi dengan mengunyah langsung beberapa lembar daun jika kuat menahan pahit. Pilihan lain merebusnya dengan 2—3 gelas air dan meminum air rebusan. Upaya lain menumbuk daun pepaya Carica papaya segar, memeras, dan meminum air perasan. Tak hanya daun, bunga pepaya juga dapat membantu meredakan gejala malaria.

Yayuk juga menyebutkan sederetan herbal lain seperti biji mahoni Swietenia mahagoni, buah makasar Brucea javanica, daun mindi Melia azedarach, dan daun mimba Azadirachta indica. Menurut Yayuk prinsipnya herbal untuk malaria tersebut biasanya bersifat pahit tetapi tidak beracun. Ragam tumbuhan obat tersebut lazimnya berlaku spesifik pada daerah tertentu. (Sinta Herian Pawestri)

Tags: , ,

 

Powered by WishList Member - Membership Software