Pacu Asam Gelugur Berbuah

Filed in pakar menjawab by on 01/10/2011

 

Hendro Sunarjono

  1. Asam gelugurAsam gelugur merupakan tanaman berbunga sempurna. Putik dan serbuksari terletak pada bunga yang sama. Tanaman tidak berbuah dapat dipengaruhi berbagai faktor seperti lokasi penanaman, nutrisi, metode budidaya, cuaca, kondisi tanah, dan asal bibit, tetapi yang paling berperan adalah pemangkasan.
  2. Kemungkinan besar pohon asam gelugur tidak berbuah karena kurangnya pemangkasan. Daun terlalu rimbun dapat menyebabkan pembentukan bunga menjadi buah terhambat. Nutrisi dari akar sebagian besar diserap untuk pembentukan daun. Pemangkasan dilakukan dengan cara mengurangi daun hingga minimal 95% daun menerima cahaya matahari. Pemangkasan membuat sinar matahari masuk ke dalam kanopi sehingga menjangkau semua daun. Akibatnya proses fotosintesis lebih optimal. Pada kondisi seperti itu nilai C/N ratio alias perbandingan jumlah karbon terhadap nitrogen tinggi sehingga tanaman terpacu berbunga dan berbuah.
  3. Pohon asam gelugur asal biji biasanya mulai berbuah pada umur 4 tahun, sedangkan asal setek 2 tahun. Asam gelugur mulai memunculkan bunga pada awal musim kemarau. Proses dari berbunga sampai menjadi buah siap panen sekitar 4—5 bulan.***
 

Powered by WishList Member - Membership Software