Olah Tepat Agar Berkhasiat

Filed in Topik by on 01/06/2009 0 Comments

Pengalaman lain, seorang pasien merasakan gatal di mulut dan tenggorokan ketika meminum rebusan tanaman obat itu. Menurut Prof Dr Mustafa Apt MKes, periset di Departemen Farmakologi dan Toksikologi Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada, gatal diduga muncul karena keladitikus mengandung senyawa aktif yang memicu produksi histamin dalam tubuh.

Histamin merupakan senyawa penyebab gatal, nyeri, dan alergi yang dilepas oleh sistem imun sebagai respon terhadap benda asing yang masuk ke tubuh. Walau demikian, gatal pada keladi tikus mudah dihilangkan. Rubiyantoro menambahkan madu untuk mencegah rasa gatal. Ia mengucurkan sesendok madu pada perasan tanaman keladitikus, mengaduk rata, dan meminumnya sebelum makan. ‘Madu memang bersifat antihistamin,’ kata Mustafa. Senyawa antihistamin dalam madu menetralisir produksi histamin dalam tubuh sehingga efek gatal ketika mengkonsumsi keladitikus tak muncul. Sedangkan dr Sidi Aritjahja, dokter dan herbalis di Yogyakarta, menyarankan menambahkan 1,5-3 gram biji adas atau daun sembung. Keduanya juga berkhasiat mencegah gatal.

Tumbuk

Rubiyantoro menggunakan seluruh bagian tanaman keladitikus; rimpang, batang, dan daun. Untuk sekali konsumsi, butuh 3 tanaman utuh. Kelahiran Bandarlampung itu mencuci bersih keladitikus dengan air mengalir. Setelah itu seluruh bagian tanaman ditumbuk. Rubiyantoro menghindari perebusan keladitikus karena cara itu menyebabkan gatal saat dikonsumsi. Ia menggunakan sarung tangan saat menumbuk.

Alat dan wadah tumbuk berbahan nonlogam seperti keramik atau gerabah tanah liat. Ketika seluruh bagian tanaman lumat, Rubiyantoro menambahkan 1 sendok makan air matang. Adonan itu diaduk rata lalu diperas dengan kain bersih. Dari 3 tanaman ia memperoleh rata-rata 1,5 sendok makan perasan keladitikus. Air perasan itu siap konsumsi setelah ditambah setengah sendok makan madu. Dengan cara itu, keladitikus bebas gatal di tenggorokan.

Idealnya perasan keladitikus diminum saat itu juga. Berselang 10-12 jam setelah pengolahan, muncul aroma tak sedap, sehingga tidak layak minum. Bagi yang tidak mau repot mengolah sendiri, di pasaran terdapat banyak merek ekstrak keladitikus. Misal dalam bentuk kapsul ekstrak keladitikus. Sebotol terdiri atas 50 kapsul keladitikus, harganya Rp75.000. Konsumsinya 3 kapsul 3 kali sehari. (Ari Chaidir)

 

Powered by WishList Member - Membership Software