Mutasi Terus Diburu

Filed in Tanaman hias by on 31/08/2011

 

Black moonlight koleksi Nur Aeny dari PontianakFlamming lady, mutasi dari hot ladyHati-hati Rawat MutanMoestadi akhirnya tak sanggup menolak tawaran Henry Biantoro yang “ngotot” membeli sepot adelia yang ia bawa saat berkunjung ke kediaman Henry di Cilandak, Jakarta Selatan. Padahal, aglaonema berdaun empat itu baru saja ia dapat dari Gregori Garnadi Hambali, penyilang di Bogor, Jawa Barat. Sang ratu daun yang baru beberapa jam dalam genggaman itu akhirnya berpindah tangan.

Henry ngotot membeli adelia milik Moestadi lantaran kepincut pada sosok tanaman yang istimewa. “Karakter daunnya sangat berbeda dengan adelia yang selama ini saya miliki,” kata pilot sebuah maskapai penerbangan swasta itu. Warna merah mendominasi dari tulang daun dan menyebar ke helai daun. Adelia normal didominasi warna hijau tua. Warna merah hanya terlihat pada tulang daun.

Berubah total

Tiga tahun sudah adelia mutan itu menghuni kediaman Henry. Kini sri rejeki itu tumbuh dewasa dengan 15 daun. Corak warna dominan merahnya stabil. Greg Hambali menduga adelia itu mengalami mutasi pada titik tumbuh. Akibatnya sosok tanaman berubah total. “Bila sebelumnya hijau, maka tanaman baru akan berubah warna menjadi merah, kuning, atau perpaduan keduanya,” katanya. Bila mutasi hanya terjadi pada pigmen daun, biasanya daun mengalami kelainan warna sebagian alias sektoral. Misalnya sebagian berdaun merah dan sebagian lagi berdaun hijau.

Koleksi lain Henry nan tak kalah istimewa adalah flamming lady. Disebut demikian karena mutasi hot lady itu memiliki tulang daun berwarna merah menyala yang menyebar ke bagian tengah daun seperti kobaran api. Sementara bagian tepi berwarna kuning dan hijau muda.

Penampilan itu sangat kontras dengan hot lady normal yang berdaun dominan hijau pekat. Warna merah menyala hanya terdapat pada tulang daun. “Daun flamming lady juga lebih lebar ketimbang yang normal,” ujar Henry. Keistimewaan itulah yang membuat Wendy, hobiis asal Cilandak, Jakarta Selatan, turut kepincut mengoleksi flamming lady.

Henry juga mengoleksi mutasi hot lady lain dengan warna daun berbeda-beda. Beberapa daun terlihat dominan hijau tua, yang lain gading, sisanya warna normal.

Black moonlight

Memburu aglaonema mutasi kini menjadi pilihan sebagian hobiis di saat silangan baru tak kunjung lahir. Dari ratu daun mutasi itulah didapat variasi bentuk dan warna aglaonema yang biasanya lahir dari hasil persilangan.

Lihatlah sosok mutasi reina. Warna tulang dan corak daunnya menjadi putih. Daun reina lazimnya dominan hijau gelap dengan tulang daun merah. Mutasi reina lainnya bertulang merah muda dengan daun hijau muda bercorak hijau tua dan merah muda. Bentuk daun juga lebih lebar dan membulat.

Nur Aeny, kolektor di Pontianak, Kalimantan Barat, mengoleksi moonlight nan gagah dengan susunan daun roset. Lazimnya daun sang cahaya bulan didominasi warna gading, kuning, dan hijau muda. Koleksi Nur Aeny hijau pekat, sehingga dijuluki black moonlight. Kalau melihat itu, mutasi memang layak diburu. (Pranawita Karina)

 

Powered by WishList Member - Membership Software