Mimbar Pembaca Maret 2018

Filed in mimbar pembaca by on 21/03/2018

Majalah Trubus

Berapa harga majalah Trubus per eksemplar?

Satria Indraswara

Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah.

Harga satuan majalah Trubus hanya Rp50.000.

Rumput Gajah580-H002-2

Di manakah saya bisa mendapatkan rumput gajah dalam jumlah besar? Saya memerlukannya untuk pakan ternak.
Lokasi peternakan di Bogor, Jawa Barat. Terimakasih.

Caecil Papadimitriou

caecil_p@yahoo.com

    Silakan menghubungi Yudi, penjual rumput gajah, di Cipanas, Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Duku Tanpa Biji

Saya membutuhkan informasi mengenai cara menanam buah langsat atau duku. Saat musim panen tiba, duku saya580-H002-3 tidak berbiji, hanya kulit dan daging buah. Ketika saya makan daging buahnya, terasa pahit.

Fajar Hutapea,

Jakarta Pusat

Media tanam yang baik untuk duku yakni campuran tanah dan pupuk kandang. Perbandingannya 3:1.  Berikan 5 kg pupuk NPK dan 30 kg pupuk kompos setahun sekali dan atur pembungaan. Biarkan pohon tanpa penyiraman hingga daun tua mulai rontok. Setelah itu barulah siram pohon untuk merangsang bunga. Perangsangan bunga dilakukan pada Juni—Juli. Dari bunga hingga buah siap panen perlu waktu 6 bulan.

580-H002-4Durian

Pohon durian saya gagal berbuah. Padahal bunganya lebat, tetapi tak lama bunga berjatuhan sehingga tidak berbuah. Bagaimana cara mencegah bunga rontok?

Milkah Royna     

milkahroyna@gmail.com

    Untuk mencegah bunga atau bakal buah rontok, berikan pupuk yang mengandung fosfor dan kalium tinggi. Lakukan pemupukan setiap 6 bulan dengan komposisi berimbang. Sebenarnya kerontokan bakal buah merupakan proses seleksi alam. Itu karena tidak semua bunga tumbuh menjadi bakal buah dan tidak semua bakal buah menjadi buah.

Sentra Temulawak dan Jahe

Saya pelanggan Trubus dengan No ID M1801291. Saya membutuhkan informasi mengenai sentra temulawak dan jahe merah untuk memenuhi kebutuhan, yakni 3 ton per bulan.  Selain itu, saya ingin membeli majalah Trubus yang membahas avokad.

Widodo Aster Riyanto580-H005-1

widodoaster9345@gmail.com

    Sentra temulawak dan jahe merah tersebar di beberapa daerah di Provinsi Jawa Tengah seperti Kabupaten
Boyolali. Sentra jahe merah bisa menghubungi Darul Mahbar, Cangkir Mas di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.  Trubus kerap mengulas avokad baik dari sisi peluang bisnis buah maupun khasiat daun sebagai herbal. Beberapa edisi Trubus yang membahas avokad antara lain Januari 2018, April 2017, Agustus 2015, Juni 2013. Untuk pembelian majalah Trubus yang mengulas avokad,  silakan hubungi bagian distribusi di nomor 081210400098.

580-H005-2Pasar Kakao

Saya mempunyai 100 pohon kakao di Ciseeng, Kabupaten Bogor. Kakao panen rata–rata 10 kg per bulan. Saya kesulitan mencari pembeli untuk kakao. Mohon info alamat dan nomor telepon dari Trubus untuk pasar kakao, agar saya bisa menawarkan kakao. Terimakasih

Alfi  Zamzami

alfizamzami@gmail.com

    Trubus edisi Maret 2018 juga membahas pasar kakao yang menginspirasi. Anda dapat mengikuti jejak para pebisnis kakao. Selain itu Anda dapat menawarkan hasil panen kakao kepada PT Mondelez Internasional, Cikarang, Jawa Barat dan PT Bumi Tangerang Mesindotama (BT Cocoa), Tangerang, Banten.

Buahkan Petai

Bagaimana cara mempercepat pembuahan pohon petai? Saya memiliki pohon setinggi 3 meter. Namun, belum berbuah sampai sekarang.

Wawan Harry.

Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat.

    Anda dapat memberikan pupuk dengan kandungan fosfor dan kalium tinggi. Pemberian pupuk saat musim kemarau agar terserap lebih optimal.

Penyakit Jeruk Dekopon580-H005-3

Saya membaca artikel “Aral Berkebun Dekopon” pada media sosial Trubus. Saya pernah menanam dekopon, tetapi mati. Sebelum mati, batang mengeluarkan lendir dan kulit pohon dekopon pecah-pecah. Apakah penyakit yang menyerang dekopon tersebut?

Rizki Ahmad,

D.I. Yogyakarta,

    Jeruk dekopon Anda kemungkinan terserang penyakit blendok/ diplodia. Penyakit blendok dapat terjadi apabila ada patogen menyerang cendawan Botryodiplodia theobromae yang patogenik menyerang tanaman rentan. Jagalah kebersihan kebun dengan memangkas ranting  kering dan cabang yang terserang penyakit, kemudian timbun atau bakar.***

 

Tags: , , , , , , ,

 

Powered by WishList Member - Membership Software