Mimbar Pembaca September 2018

Filed in mimbar pembaca, Rubrik Tetap by on 03/09/2018

Iklim Anggur

Saya tinggal di daerah rawa dataran rendah di Baritokuala, Provinsi Kalimantan Selatan, ingin menanam anggur. Apakah suhu berpengaruh untuk pertumbuhan anggur?

Muhammad Firdaus
Baritokuala, Kalimantan Selatan

Suhu dan kelembapan berpengaruh pada pertumbuhan anggur. Tanah berkadar air tinggi atau lembap kurang cocok untuk pembungaan tanaman anggur. Kondisi itu sekaligus merangsang cendawan dan bibit penyakit sehingga pertumbuhan anggur kurang optimal.

Pegagan untuk Bipolar
Apakah tanaman pegagan dapat kita gunakan untuk mengatasi bipolar?

Tati Hasyim
Jakarta

Pegagan antara lain berkhasiat melancarkan peredaran darah, terutama peredaran darah di otak. Oleh karena itu, pegagan disebut tonik otak. Kandungan vitamin B pada pegagan dibutuhkan oleh sistem saraf. Berkaitan dengan khasiat pegagan untuk bipolar, silakan Anda menghubungi para herbalis antara lain dr. Paulus Wahyudi Halim (Jl.Suplir Blok F1/13 Sektor I.5 Bumi Serpong Damai, Kota Tangerang Selatan), Valentina Indrajati (Bumi Nirwana Residen, Kabupaten Bogor), dan dr. Prapti Utami Jl. CBD Blok J No.1 Bintaro Jaya IX, Tangerang, Banten).

Bibit Yakon
Saya tertarik membudidayakan yakon. Mohon informasi mengenai bibit yakon.

Herlina Sanjaya
Jakarta

Perbanyakan yakon dengan cara tunas akar. Tanaman berumur 1 tahun menghasilkan 2-3 tunas akar. Salah satu penyedia bibit yakon Anto Widi di RT05, Desa Kaliurip, Kecamatan Kertek, Wonosobo, Jawa Tengah.

Avokad atau Alpukat
Mohon informasi nama buah yang baku avokad atau alpukat ?

Ridwan
Nunukan, Kalimantan Utara

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi keempat penerbit Departemen Pendidikan Nasional kata yang baku adalah avokad.

Trubus Edisi Lama
Bagaimana cara membeli majalah Trubus edisi lama?

Rifan Ergi
Sukabumi, Provinsi Jawa Barat

Tersedia majalah Trubus yang disatukan atau dalam bentuk bundel per empat edisi. Edisi Januari—April, Mei—Agustus, September—Desember. Setiap tahun terdiri atas 3 bundel dengan harga berkisar Rp60.000—Rp136.000 per bundel (tergantug tahun penerbitan). Untuk pemesanan silakan kontak Imelda di 0812-1040-0098. 

Artikel Adenium
Mohon informasi, kapan terakhir Trubus mengulas adenium ?

Ahmad Sugeng Wahyudi
Kediri, Jawa Timur

Terakhir Trubus mengulas adenium pada edisi Juli 2018, berjudul “Bukan Adenium Biasa.”

Bibit Buah Naga Kuning
Mohon informasi di mana saya bisa memperoleh bibit buah naga kuning berdaging merah?

Bagus Ngurah
Badung, Bali

Silakan Anda menghubungi Toko Trubus melalui di nomor telepon 0218721201/04.

Kapsul Putih Telur
Mohon informasi di mana saya bisa mendapat kapsul putih telur ?

Eddy
Jakarta

Silakan hubungi PT Lifepharm Global Network Indonesia di Kav 87,, Jl. Letjen S. Parman, RT.1/RW.8, Kota Bambu Utara, Palmerah, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Alamat Herbalis Sofiana Lukman
Mohon informasi alamat herbalis Sofiana Lukman yang meresepkan herbal untuk mengobati batu ginjal?

Sartika
Tangerang, Provinsi Banten

Bisa berkunjung ke Griya Puspa Herbal di Jl. Cipunagara I No.1, Cipayung, Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten.

Peluang Bisnis Jengkol dan Petai
Kapan Trubus terakhir kali mengulas jengkol dan petai? Mohon ada ulasan komplit tentang jengkol dan petai. Mulai dari ragam teknik budidaya, sentra, olahan, dan kebutuhan pasar. Musababnya, petai dan jengkol komoditas yang terlaupa. Namun, permintaan cukup tinggi.

Syaframbuan Syah
Dumai, Riau

Trubus terakhir mengulas jengkol pada Juni 2018 mengenai pengusaha muda yang mengolah jengkol menjadi kerupuk. Adapun petai, pada Februari 2015 berperan sebagai herbal untuk mengatasi anemia. Terima kasih masukannya, akan kami pertimbangkan di edisi mendatang.***

 

Kontes Koi

Majalah Trubus edisi Agustus 2018 memuat kontes koi di Kota Pasuruan, Jawa Timur. Sebagai ketua penyelenggara, saya menyampaikan terima atas liputan Majalah Trubus. Berikut ini saya menambahkan informasi.
1. Kontes koi berlangsung di Gedung Gradika Bhakti Praja, Kota Pasuruan, Jawa Timur yang diselenggarakan oleh Pasuruan Untung Suropati Koi Club (Pasoepati Koi Club). Pasoepati Club merupakan klub para pencinta, petani, dan pedagang koi di Pasuruan yang secara resmi bernaung di bawah Asosiasi Pencinta Koi Indonesia (APKI).
2. Teks Foto 2, tertulis : Dari kiri: Yudhi Supramono (perwakilan Komunitas Koi Kota Pasuruan)… M Rozy (perwakilan Komunitas Koi Kabupaten Pasuruan).
Seyogyanya :
Dari kiri: Yudhi Supramono (Ketua Pasoepati Koi Club),.. M Rozy (Wakil Ketua Pasoepati Koi Club).
3. Kontes koi itu memang mendapat dukungan Dinas Perikanan Kota Pasuruan dan Kabupaten Pasuruan yang turut hadir pada even perdana itu. Namun, secara teknis dan pendanaan murni ditanggung oleh para pengurus Pasoepati Koi Club tanpa bantuan dari pemerintah.

Chusnul Bashori Aly, SH
Ketua Panitia Pelaksana

Tags: , , , ,

 

Powered by WishList Member - Membership Software