Mimbar Pembaca Januari 2020

Filed in mimbar pembaca, Rubrik Tetap by on 01/01/2020

Jenis Kapulaga

Saya memiliki tiga pertanyaan terkait kapulaga. Ada berapa jenis kapulaga di dunia dan apa perbedaannya satu sama lain? Bagaimana cara budidaya kapulaga yang benar? Apakah Trubus memiliki kontak Asep Kurnia, pebisnis yang diulas pada Trubus edisi 599 Oktober 2019 pada artikel “Untung Bisnis Bumbu Dapur”?

Tanaman kapulaga

Daru Sima S.
Wanareja,
Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah

Dua jenis kapulaga yang paling banyak digunakan sebagai rempah di Indonesia yaitu kapulaga jawa (Amomum compactum) dan kapulaga india (Elettaria cardamomum). Dunia internasional mengenal kapulaga india sebagai true cardamom atau kapulaga asli. Adapun kapulaga jawa Amomum compactum disebut false cardamom. Selain itu terdapat 11 spesies bermarga Amomum juga sudah dimanfaatkan sebagai rempah-rempah di mancanegara. Beberapa contoh lain kapulaga pengganti yaitu tepus (Amomum lappaceum, Amomum pseudo-foetens), serkum (Amomum gracile), dan wresah (Amomum dealbatum).

Produktivitas kapulaga india lebih tinggi yaitu 4—6 kg per tanaman. Salah satu cara budi daya kapulaga india atau kapulaga sabrang yaitu tanam dua anakan bibit kapulaga di sela tanaman pisang berjarak 0,75 cm. Jarak tanam pisang 3 m x 3 m. Jarak antarbaris 1 m. Tanam pisang terlebih dahulu selama 3—4 bulan. Tujuannya tanaman pisang sebagai naungan bagi kapulaga yang rentan sinar matahari teralu intens. Benamkan pupuk kandang 10 kg per m2 sebelum penanaman kapulaga. Pemberian pupuk diulang tiap tahun menjelang berbunga. Kapulaga siap panen pada umur 1,5—2 tahun setelah penanaman dan terus bisa dipanen sepanjang tahun.

Alamat Asep Kurnia : Warung Langit Jl Cibengang No 22 RT 05 RW 02 Desa Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat

Buahkan Petai

Pohon petai saya belum berbuah. Saya mengusahakan dengan memberi pupuk di sekeliling pohon. Setahu saya di suatu desa di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pemilik pohon petai menggantungkan alat-alat dapur seperti wajan, sendok, dan panci agar tanaman berbuah. Lalu mereka meletakkan bungkusan cabai, bawang, dan terasi (bahan-bahan sambal) bagian paling atas pohon. Itu cara mereka merangsang petai berbuah. Adapun di Ponorogo, Jawa Timur, pemilik memaku sekeliling batang petai hingga lebih dari sepuluh paku. Bagaimanakah solusi supaya pohon petai berbuah? Apakah dimulai dari bibit yang baik seperti yang dimuat Trubus di Edisi September 2019 no. 598, halaman 115-116?

Agung Nugroho
Pekayonjaya,
Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat

Sayang, Anda tidak menjelaskan jenis pupuk. Sebaiknya tambahkan pupuk tinggi fosfor dan kalium di bawah tajuk pohon. Jika unsur hara terpenuhi, ada beberapa faktor yang menyebabkan petai tidak berbuah. Pohon Anda merupakan petai jantan atau bunga petai betina pada jenis pohon petai yang berumah satu (bunga jantan dan betina pada satu pohon) maupun yang berumah dua (bunga jantan dan betina di pohon yang berbeda) tidak diserbuki dengan baik. Agen penyerbuk bunga petai adalah kelalawar dan serangga. Ketika musim hujan hewan-hewan itu jarang keluar. Pembelian bibit juga menjadi kunci penting membuahkan petai karena dengan membeli bibit petai berumah satu akan meningkatkan kemungkinan petai untuk berbuah.

Jerami padi

Mulsa Jerami

Mulsa jerami terbukti mengurangi hama wereng dan ulat dengan menciptakan suhu lembap yang digemari laba-laba, predator alami wereng dan ulat, pada budidaya kapas. Apakah mulsa jerami memiliki efek yang sama jika digunakan pada budidaya cabai dan bawang merah?

Didi
Kabupaten Kuningan, Jawa Barat

Penggunaan mulsa jerami pada cabai mampu mengurangi populasi aphids dan menciptakan kondisi tanah menjadi lembap. Jerami ketika lapuk sekaligus sebagai unsur hara bagi tanaman. Pada tanaman bawang merah, mulsa jerami mengurangi serangan ulat bawang Spodoptera exigua.

Insektisida Tembakau

Majalah Trubus mengulas pestisida nabati berbahan tembakau. Apakah pestisida nabati itu dapat kami gunakan untuk mencegah serangan hama penggerek batang dan kutu putih yang menyerang pohon putsa?

Duwipati
Bogor, Jawa Barat

Tembakau bahan baku pestidsida nabati

Pada dasarnya tembakau dapat digunakan sebagai insektisida nabati untuk mengontrol organisme pengganggu tanaman di banyak jenis pohon. Cara kerja tembakau mengurangi nafsu makan serangga yang menjadi target.

 

Tags: , ,

 

Powered by WishList Member - Membership Software