Mimbar Pembaca Februari 2020

Filed in mimbar pembaca, Rubrik Tetap by on 03/02/2020

Foto Tertukar

Anjariah Oktawirawan, pemilik PT Delfawood Berkah Sejahtera.

Mr. Satnik Suemaksuk, pehobi aroid di Thailand.

Pada edisi Januari 2020, Majalah Trubus memuat artikel berjdul “Potret Pasar Philo” halaman 14—17. Majalah Trubus menyampaikan maaf lantaran terjadi kesalahan penempatan foto dan teks foto berkaitan dengan nama Anjariah Oktawirawan. Kami memberitahukan bahwa foto pria berkaus putih adalah Mr. Satnit Suemaksuk, pebisnis aroid dari Thailand yang juga menjadi narasumber pada penulisan artikel itu. Sementara foto Ibu Anjariah Oktawirawan pemilik PT Delfawood Berkah Sejahtera terlampir sebagai berikut:

Cendawan Lawan Serendang

Majalah Trubus memublikasikan hasil penelitian Tri Eko Wahyono dan Nur Betti Tarigan dari Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat Bogor. Mereka menggunakan cendawan Beauvaria bassiana untuk mengatasi kumbang serendang Xystrocera festiva yang menjadi hama sengon. Cendawan mematikan larva ulat 100% setelah 10 hari pemberian. Di manakah saya bisa membeli cendawan Beauvaria bassiana?

Fajar Santoso
Kabupaten Klaten, Jawa Tengah

Silakan hubungi peneliti di Jl. Tentara Pelajar No.3, RT 04/RW 15, Menteng, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor 16111.

Pandan Wangi dan Tikus

Daun pandan wangi yang sudah tua terbukti bisa mengusir kecoak. Namun, apakah juga bisa digunakan untuk mengusir tikus?

Risa Puspitasari
Kota Salatiga, Jawa Tengah

Pandan wangi Pandanus amaryllifolius teruji untuk mengusir kecoak dan kutu beras (penelitian Dede Sukandar dan rekanan dari Program Studi Kimia, Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta). Belum ada penelitian mengenai pandan wangi untuk pengusir tikus.

Kincir untuk Nila

Majalah Trubus mengulas pemanfaatkan kincir air di kolam nila. Produksi nila pun meingkat signifikan. Apakah ada jenis kincir tertentu yang cocok digunakan dalam budidaya ikan nila sehingga panen meningkat? Di manakah toko yang menjual kincir jenis itu?

Toni Anggoro
Pati, Jawa Tengah

Jenis kincir yang digunakan para pembudidaya nila sama dengan kincir di tambak-tambak udang. Spesifikasi motor kincir air yang baik digunakan untuk ikan nila berdaya 1 HP (746 W) 220 V 1440 rpm untuk luasan kolam 960 m².

Atasi Durian Rontok

Saya memiliki 6 pohon durian. Ketika pohon berbunga, khususnya pada musim hujan banyak yang rontok. Akhirnya beberapa pohon tidak berbuah sama sekali. Apakah terdapat dosis pupuk yang tepat diberikan untuk pohon yang bunganya rontok?

Rasmi Asha
Jepara, Jawa Tengah

Pemicu kerontokkan buah dan bunga antara lain lingkungan seperti suhu dan curah hujan, asupan nutrisi seperti kurang asupan kalium. Pupuk fosfat juga menunjang pertumbuhan vegetatif pohon. Belilah pupuk majemuk yang mengandung kalium dan fosfat. Larutkan pupuk sesuai dengan takaran penggunaan dan semprotkan pada tanaman ketika mulai muncul kuncup bunga, ketika bunga sudah mau mekar, dan ketika sudah muncul calon buah.

Mesin Penanam Jagung

Di manakah saya bisa mendapatkan mesin penanam jagung dengan waktu kerja maksimal 5 jam/ha dan berapa harganya?

Saiful Asyari
Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah

Tanaman jagung.

Anda bisa mendapatkan mesin penanam biji-bijian (grain seeder) di Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian. Jl. Sinarmas Boulevard, Situ Gadung, Kecamatan Pagedangan, Tangerang, Banten 15338.

Kerapatan Tanam Budikdamber

Berapakah jarak tanam yang dianjurkan untuk budikdamber supaya tidak terlalu rapat?

Hilarius Chicharito
Kabupaten Tulangbawang Barat, Lampung

Jika Anda menanam tanaman berbatang basah seperti kangkung, dianjurkan untuk menanam sebanyak 6—10 tanaman/wadah tanam. Namun jika Anda menanam tanaman berbatang kayu seperti cabai, cukup menanam 1 benih/wadah tanam saja. Untuk tanaman berbatang basah, sejatinya tidak masalah jika terlalu rapat karena pertumbuhan akan cenderung meninggi untuk kompensasi ruang tumbuh yang terlalu sempit.

Ceri dan Kesehatan

Apakah manfaat buah ceri bagi kesehatan?

Viezi
Jawa Tengah

Ceri Prunus cerasus terbukti mampu menurunkan tanda-tanda stres oksidatif, peradangan, nyeri otot, dan tekanan darah akut. Mengonsumsi buah ceri juga mampu mengurangi peradangan sendi, diabetes, mempermudah tidur, meningkatkan fungsi kognitif dan suasana hati. Kebanyakan studi menganjurkan mengonsumsi ceri 45—270 ceri/hari supaya efek kesehatan muncul.

Budikdamber.

Guppy dalam Ember

Apakah budidaya ikan dalam ember (budikdamber) bisa diterapkan untuk ikan hias guppy?

Aldino Pratama
Sidoarjo, Jawa Timur

Selama ini budikdamber baru digunakan untuk ikan-ikan konsumsi lantaran bertujuan membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pangan dari rumah. Namun, prinsip dasar budikdamber ialah memelihara ikan yang memiliki kemampuan hidup dalam kadar oksigen rendah. Ikan-ikan seperti itu lebih kuat bertahan pada kondisi padat tebar tinggi dan sedikit oksigen seperti di dalam ember tanpa sirkulasi air. Salah satu jenis ikan kuat oksigen rendah adalah guppy. Menurut penemu budikdamber Juli Nursandi, S.Pi, M.Si, sudah ada yang menerapkan budikdamber untuk guppy.

Tags: , ,

 

Powered by WishList Member - Membership Software