Mimbar Pembaca Edisi Oktober 2019

Filed in mimbar pembaca, Rubrik Tetap by on 01/10/2019

Meniran

Meniran untuk Diabetes

Bagaimana cara mengonsumsi meniran untuk mengendalikan penyakit diabetes melitus?

Yudi Ewo Sacoko
Jawa Tengah

Banyak penelitian yang membuktikan meniran memiliki sifat antidiabetes seperti hasil penelitian Chairul, Yuliasari Jamal, dan Zuherti Zainul dari Puslitbang Biologi LIPI. Ambil 5 atau 7 tanaman (termasuk akar), cucui bersih, rebus dalam 3 gelas air bersih dengan api kecil hingga mendidih. Saring rebusan ketika hangat dan siap konsumsi.

Kepayang

Tinggi Kepayang

Majalah Trubus mengulas buah kepayang sebagai bahan baku minyak. Berapakah tinggi pohon kepayang atau kluwak?

Noeni Richard
Jakarta

Selama ini kepayang tumbuh di tepian hutan atau lahan kosong, jarang yang membudidayakan secara intensif. Tinggi pohon kepayang hasil perbanyak generatif bisa mencapai 25—60 meter.

Rangsang Pemijahan Gabus

Apakah merek hormon yang digunakan untuk budidaya gabus? Di manakah saya bisa membelinya?

Gabus

Akhmad Fawaid
Kotabaru, Kalimantan Selatan

Beberapa hormon yang bisa digunakan untuk merangsang kematangan gonad ikan gabus yang sudah diteliti bermerek dagang Oodev yang diproduksi oleh Laboratorium Reproduksi dan Genetika Organisme Akuatik, Institut Pertanian Bogor. Kedua yaitu hormon gonadotropin sintetik bermerek dagang Ovaprim yang mudah didapatkan di berbagai pasar daring ataupun toko-toko perlengkapan budidaya ikan.

Menanam Tulip

Apakah menanam tulip di Indonesia harus menggunakan rumah kaca?

Hendro Priambodo
Jambi

Menanam tulip di negara-negara tropis sebetulnya tidak memerlukan rumah kaca yang dimodifikasi agar berkembang optimal. Modifikasi yang perlu dilakukan yaitu merangsang pembungaan dengan menyimpan umbi tulip pada kondisi kering dan dingin, sekitar 17-20°C. Namun, jika skala hobi cukup gunakan kulkas untuk menyimpan umbi tulip yang memerlukan suhu 5-9°C selama 6-16 pekan. Hati-hati menyimpan umbi tulip di wadah yang berventilasi seperti karton telur, atau kantong kertas, dan jangan letakkan dekat dengan buah-buahan. Buah-buahan menguarkan zat etilen yang dapat mengganggu pertumbuhan umbi. Tanam tulip pada pot dengan kedalaman 10-20 cm, siram, dan simpan di dalam kulkas selama 4-6 pekan agar perakaran tulip tumbuh optimal dan siap ditanam di tanah. Umbi tulip dapat ditanam pada bulan terdingin di tempat Anda dan letakkan di tempat yang ternaungi ataupun sebagian ternaungi. Tanam umbi pada kedalaman 15-20 cm di dalam tanah serta pasang mulsa dengan tebal sekitar 5 cm untuk menjaga kelembapan dan suhu rendah tanah. Turunkan suhu tanah dengan cara penyiraman teratur dan menjaga tanah selalu lembab namun tidak tergenang. Silakan baca “Rahasia Bungakan Tulip” di Trubus Juli 2018.

Nematoda Bengkak Akar

Bagaimana ciri tanaman yang terserang nematoda bengkak akar? Apakah menanam pakcoi dengan hidroponik bisa terserang?

Citra Melati
Surabaya, Jawa Timur

Bengkak akar atau puru akar ditandai dengan ujung akar membengkok dan membengkak. Larva nematoda Meloidogyne spp. menginfeksi akar dan menyebabkan hipertropi sel-sel tumbuhan dan hiperplasia dalam jaringan akar. Sifatnya polifag—parasit yang hidup pada banyak jenis tanaman inang dari famili atau ordo berbeda—sehingga hampir seluruh tanaman budidaya merupakan inang. Penyebarannya luas sebab aktif bergerak dalam tanah. Sebagian siklus hidupnya di tanah sehingga sayur hidroponik berpeluang kecil untuk terkena parasit itu. Meski demikian, nematoda dapat menyebar melalui air irigasi dan aliran air di permukaan tanah.

Kelor Penjernih Air

Kelor

Masyarakat mengonsumsi moringa segar atau berupa olahan seperti tepung atau campuran bahan pangan lain. Sumber lain menyatakan kelor penjernih air. Bagaimana cara pemanfaatannya?

Anas
Majene

Biji moringa dapat dimanfaatkan sebagai penjernih air. Beberapa riset membuktikan tepung biji Moringa oleifera mampu menurunkan tingkat kekeruhan air. Gunakan tepung biji kelor muda atau tua yang masih ada kulit ari lalu menghaluskan hingga 200 mesh. Sebanyak 500 mg tepung biji moringa cukup untuk menjernihkan 1 liter air keruh. Tingkat kekeruhan air menurun 95,39% dan kadar warnanya turun 75,07%.

Jambu bol

Jambu Bol Asal Papua

Jambu bol asal Papua terlihat mirip dengan jambu dersono dan jambu jamaika. Apakah memang sama?

Fithria Fakhrunnisa
Kediri, Jawa Timur

Ketiganya berasal dari jenis yang sama, yakni Syzygium malaccense. Bila jambu lazimnya berbentuk lonjong mirip lonceng, jambu bol asal Papua cenderung bulat. Dua buah bobotnya mencapai 400 gram. Panjang daun 40—43 cm sementara jambu bol umumnya hanya 25 cm. Beberapa peneliti buah mengatakan belum pernah melihat jambu bol seperti itu. Jambu itu kemungkinan varian lain yang muncul akibat persilangan alami di alam. Silakan baca “Si Bulat Hitam dari Papua” di Trubus Agustus 2013.

Ralat Artikel “Anak Muda Minum Jamu di Kafe”

Majalah Trubus edisi September 2019 mengulas kafe jamu. Pada paragraf kedua disebutkan Jamu Iboe Griya Herba ada di berbagai kota, yang benar hanya di Surabaya. Sementara Iboe Herbal Bar atau konter jamu ada di berbagai kota. Penulisan yang benar PT Jamu Iboe Jaya bukan PT Jamoe Iboe Jaya.***

Tags: ,

 

Powered by WishList Member - Membership Software