Mimbar Pembaca Edisi November

Filed in mimbar pembaca, Rubrik Tetap by on 02/11/2020

Mangga irwin

Mencangkok Mangga Irwin
Saya memiliki pohon mangga irwin dan ingin memperbanyaknya. Bagaimanakah cara mencangkok mangga irwin serta cara merangsang akar cangkokan dengan pupuk organik?

Cella Gloria Panggabean
Kota Medan, Sumatera Utara

Pilih cabang sepanjang 130 cm, kerat kulit sepanjang 10 cm di bawah daun dengan pisau tajam dan bersih. Kerik kulit batang hingga mengeluarkan cairan (kambium) atau sampai terlihat bagian kayunya. Biarkan cairan kambium mengering. Oleskan zat pengatur tumbuh pada bagian yang dikelupas. Siapkan media tanam cangkok berupa campuran tanah dan pupuk kandang matang atau pupuk organik dengan perbandingan 1:1. Bungkus cabang dengan media setebal 3 cm. Sungkup media terluar dengan lapisan tipis sabut kelapa dan plastik berlubang-lubang kecil untuk penguapan dan tempat penyerapan air.
Siram bagian yang dicangkok dan bagian akar pohon setiap hari pada pagi dan petang. Tunggu 1,5—3 bulan hingga tumbuh akar di lokasi pencangkokan. Setelah akar muncul, potong bagian cabang tepat di bawah cangkokan. Buka sungkup plastik, kurangi daun-daun dari batang, lalu tanam di polibag dengan campuran media tanah:pupuk kandang matang:sekam bakar 1:1:1. Letakkan bibit cangkokan pada tempat teduh yang tidak terkena sinar matahari langsung selama 4—6 pekan. Setelah itu, bibit cangkok siap ditanam di lahan.

Buahkan Tabulampot Anggur
Trubus edisi September 2020 menampilkan kover dan ulasan tabulampot anggur yang berbuah lebat. Saya memiliki dua tabulampot anggur dan belum berbuah sampai saat ini. Bagaimana cara membuahkan anggur dalam pot?

Lasmaya
Malang, Jawa Timur

Pilih varietas-varietas anggur yang terbukti genjah dan rajin berbuah. Gunakan media tanam sekam bakar dan serbuk sabut kelapa atau cocopeat dengan perbandingan 2:1. Campurkan seluruh media tanam sampai merata lalu tambahkan satu sendok makan dolomit untuk 25 liter media tanam. Masukkan media ke pot dan fermentasikan selama 1—2 bulan. 
Berikan rambatan pada pot. Setelah bibit ditanam, lakukan perawatan intensif berupa penyiraman, pemupukan, pemangkasan, pengendalian hama penyakit, dan letakkan pot di tempat yang terpapar sinar matahari penuh. Berikan pupuk yang mengandung unsur hara makro dan mikro, serta pupuk monokalsium fosfat setiap pekan. Konsentrasi pupuk monokalsium fosfat 10 gram per liter air. 

Tabulampot anggur

Anggur Tahan Badai
Bagaimana kiat menanam anggur di area yang sering hujan badai dan angin dahsyat?

Bayu
Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah

Bila tempat Anda memiliki cuaca yang tidak menentu, khususnya banyak hujan dan berangin, tanam anggur dalam rumah kaca. Membudidayakan anggur di dalam rumah kaca sangat mendukung kualitas buah serta menunjang pertumbuhan anggur. Bila varietas anggur yang dipilih sudah jempolan tetapi perawatan tidak maksimal, hasil buah pun tidak maksimal. 

Buah naga kuning

Naga Kuning Tak Subur
Saya mempunyai tanaman buah naga kuning. Mengapa tanaman tidak subur seperti tanaman buah naga yang merah?

Totong Herdiana
Kota Cilacap, Jawa Tengah

Perakaran buah naga kuning lebih sedikit ketimbang buah naga merah atau sekitar 80%. Itulah sebabnya perawatan buah naga kuning mesti lebih telaten dan sabar ketimbang buah naga merah.  Pemilihan bibit yang berkualitas sangat menentukan pertumbuhan tanaman. Selain itu, perawatan tanaman mesti diperhatikan, khususnya pemberian nutrisi dan pengairan. Berikan pupuk yang mengandung fosfor dan kalium berkadar tinggi supaya memacu pertumbuhan batang.

Tags: , ,

 

Powered by WishList Member - Membership Software