Mimbar Pembaca Edisi Juli 2014

Filed in mimbar pembaca by on 10/07/2014
Penanaman padi

Penanaman padi

Penanaman Padi

Akhir Juni Lamongan dan sekitarnya memasuki musim tanam padi. Saya mau bertanya adakah cara penanaman, perawatan, dan pemanenan padi yang efektif? Lalu adakah efek penggunaan pupuk sintetis pada tanaman padi dan tanah?

Afif Bahruddin
Lamongan, Jawa Timur
afifbahruddin@gmail.com

Sebelum menanam, taburkan 2—3 ton pupuk kotoran hewan per ha lalu bajak sedalam 25—30 cm sambil membenamkan sisa-sisa tanaman dan rumput. Tanam 2—3 bibit per lubang tanam sedalam 1 cm dengan jarak 27 cm x 27 cm. Ketika tanaman berumur 10 hari, berikan pupuk berupa 150 kg Urea dan 150 kg TSP per ha untuk memacu pertumbuhan tanaman. Berikan pupuk susulan berupa 200 kg Phonska pada 30 hari pascatanam dengan cara menabur di sela-sela tanaman hingga padi berumur 75 hari. Tiga pekan sebelum panen, keringkan lahan dengan membuka saluran air.

Pupuk sintetis berguna untuk mengoptimalkan pertumbuhan tanaman. Namun, penggunaan pupuk sintetis berlebih mampu menurunkan kesuburan tanah. Teknologi System of Rice Intensification (SRI) berpotensi meningkatkan produksi hingga 12 ton per ha. Secara keseluruhan, SRI juga menekan biaya produksi amat signifikan.

Herbalis

Mohon informasi di mana alamat praktik dr Sidi Aritjahja dan Sinse Mochamad Yusuf ?

Eka Prasetya
Temanggung, Jawa Tengah

Dr Sidi Aritjahja, Tempelsari RT 04 RW 35, Banjeng, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Provinsi Yogyakarta. Alamat praktik Sinse Mochamad Yusuf: Klinik Citra Insani, Jl. Selabintana No. 113, Sukabumi, Provinsi Jawa Barat.

Hidroponik

Hidroponik

Hidroponik

Saya tertarik menanam sayuran dengan teknik hidroponik. Apakah majalah Trubus pernah membahas tentang hidroponik? Jika iya, bagaimana saya bisa membeli majalah Trubus edisi itu?

Dewi Kristiani
Kristiani.dewi@gmail.com

Trubus beberapa kali mengulas teknik hidroponik, di antaranya pada edisi Desember 2013, Januari 2014, dan Juni 2014. Pada ketiga edisi itu, Trubus memuat beberapa artikel mengenai budidaya sayuran hidroponik. Anda bisa mendapatkan majalah tersebut dengan menghubungi Trining Lestari, bagian langganan Majalah Trubus di alamat Jl. Kapitan 1 No. 1 A, Kelurahan Sukatani, Kecamatan Tapos, Depok, Provinsi Jawa Barat 1645. Telepon 021-8774634.

 

Kontak Herbalis

Setelah membaca artikel berjudul Akhir Sinusitis Pipit yang dimuat di Trubus edisi Juli 2013, saya tertarik untuk mengonsumsi ekstrak 3 jenis herbal, yaitu, daun sendok Plantago major, rimpang kunyit putih Curcuma mangga, dan pegagan Centella asiatica. Di mana saya bisa menghubungi dr Prapti Utami, herbalis yang meresepkan ramuan itu?

Ardiansyah Al Aziz
Ardiansyah.alaziz@yahoo.co.id

Hubungi dr Prapti Utami di Jl. CBD Blok J No.1 Bintaro Jaya IX, Tangerang

 

Beras hitam

Beras hitam

Beras Hitam

Trubus edisi Desember 2011 mengulas beras hitam. Di mana alamat petani beras hitam di Provinsi Yogyakarta? Selain itu, di mana saya bisa menghubungi peternak ikan gabus bernama Andhi Rahardjo di Bantul, Provinsi Yogyakarta?

Arief Gunawan
arfgun@gmail.com

Alamat Tugiyo, petani beras hitam di Dusun Gulon, Desa Srihardono, Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Alamat Andhi Rahardjo, peternak ikan gabus di Rejokusuman RT 04, Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55191.

 

Musang

Musang

Komunitas Musang

Saya tertarik untuk memelihara musang dan menjadi anggota Komunitas Pencinta Musang. Kepada siapa saya harus mendaftarkan diri?

Budi Artiono Pusponegoro
Pulomas, Jakarta Timur
Budi.artiono@gmail.com

Hubungi Tedi Hartanto di Komunitas Pencinta Musang, Jalan Kemanggisan Utama IV No. 204 RT 9/6, Kemanggisan, Jakarta Barat. Anda pun dapat bergabung di grup facebook Musang Lovers untuk informasi seputar musang.

 

Cacing Tanah

Mohon informasi di mana alamat peternak cacing tanah?

Maman Wijaya
Maman_wijaya@yahoo.com

Silakan hubungi Abdul Aziz Adam, peternak cacing tanah di Jl. S Supriyadi 9A/42 RT 07/RW 04, Kecamatan Sukun, Malang, Jawa Timur.

 

Toko Trubus

Mohon informasi Toko Trubus di Klaten.

Syarifah Muktia
Klaten, Jawa Tengah

Saat ini kami belum memiliki Toko Trubus di Klaten. Toko Trubus terdekat dari Klaten ada di Jl. Raya Godean Km. 5 Pasar Tlogorejo, Yogyakarta Telepon 0274-7104303 atau di Surakarta Telepon 0271-9223676

 

Lengkeng matalada

Lengkeng matalada

Lengkeng Matalada

Saya tertarik membudidayakan lengkeng matalada yang dimuat pada artikel “Terbuka Mata Lewat Matalada” Trubus edisi Mei 2014. Di mana alamat lengkap Wiwik Wijayahadi, Samlawi, dan Suko Budi Prayogo?

Ali Sahal
Jalan Perdagangan—Sei Langgei Km. 9,5
Desa Bandar Silou, Kecamatan Bandar Masilam
Kabupaten Simalungun
Sumatera Utara 21184

Wiwik Wijayahadi di Jl. Brigjen Katamso Selatan, Pujokusuman MG I/510, Yogyakarta. Suko Budi Prayogo di Jl. Taman Candi Tembaga No.933, Perum Pasadena, Kalipancur, Ngaliyan, Semarang, Jawa Tengah.

 

Madu

Madu

Luka Bakar

Adakah obat alami untuk mengobati kulit terbakar agar cepat kering?

Siska Oktaviana
Bekasi, Jawa Barat

Madu membantu pembentukan lapisan kulit muda untuk menggantikan kulit terbakar dan mempercepat proses pengangkatan sel kulit mati. Informasi lebih lanjut silakan baca “Madu Padamkan Luka”, Trubus edisi Agustus 2013. Herbal lain untuk atasi luka bakar adalah daun binahong Arden cardifulia.

 

 

Powered by WishList Member - Membership Software