Mimbar Pembaca Edisi Januari 2021

Filed in mimbar pembaca, Rubrik Tetap by on 01/01/2021

 

Penggunaan pupuk cair untuk dikocor lebih mudah diserap akar tanaman.

Pupuk Kocor
Beberapa pekebun mengocorkan pupuk untuk tanaman buah. Bagaimana cara dan apa maksud pengocoran pupuk untuk tanaman buah?

 

Unchoe Justitia 
Kota Batam, Kepulauan Riau

Pengocoran pupuk dilakukan dengan cara menyiram larutan pupuk dengan volume yang besar seperti menggunakan selang atau gayung di sekitar pohon buah atau media tanam. Tujuan pengocoran pupuk supaya nutrisi lebih cepat diserap oleh akar tanaman ketimbang menggunakan pupuk tebar.

Lobster Ekspor
Apa jenis lobster yang bermasalah dengan Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK) ketika proses ekspor?

Jimmi Suyanto
Kota Medan, Sumatera Utara

Lobster yang diekspor oleh Indonesia berasal dari genus Panulirus. Jenis yang lazim diekspor yaitu lobster pasir (Panulirus homarus) dan lobster mutiara (Panulirus ornatus). Selain kedua jenis itu di Indonesia juga hidup lobster batik (Panulirus longipes), lobster bambu (Panulirus versicolor), dan lobster batu (Panulirus penicillatus).

Dua jenis lobster yang telah dibudidaya di Indonesia adalah lobster pasir dan lobster mutiara.

Benih Nonhibrida
Di mana saya bisa mendapatkan benih bayam nonhibrida?

Noerdiati
Kota Ketapang, Kalimantan Barat

Banyak produsen benih komersial memperdagangkan benih berbagai jenis sayuran nonhibrida.

Tanaman Pengusir Nyamuk
Mengusir nyamuk tanpa insektisida bisa jadi lebih aman. Apakah ada tumbuhan yang bermanfaat sebagai pengusir nyamuk?

Vios Alberthine
Kota Tangerang, Provinsi Banten

Beragam tumbuhan bersifat repellent atau menolak bagi nyamuk. Beberapa di antaranya bunga marigold (Tagetes erecta), bunga lavender (Lavandula sp.), serai (Cymbopogon citratus), jeruk nipis (Citrus aurantifolia), cengkih (Syzygium aromaticum), zodia (Evodia suaveolens), tapak dara (Catharanthus roseus), numbai (Alphitonia incana), dan akar wangi (Polygala paniculata).

Lavender sohor sebagai tumbuhan pengusir nyamuk.

Pemasaran Vanili
Trubus pernah menyelenggarakan pelatihan vanili. Ke manakah pemasaran vanili?

Bayu Dwi
Kota Yogyakarta

Pemasaran vanili paling umum adalah ke pengepul atau eksportir. Ada alternatif lain bila Anda bersedia untuk bekerja sedikit keras yaitu menawarkan vanili kepada pengolah produk-produk vanili.

Kompos Limbah Kubis
Saya tertarik membuat kompos dari limbah kubis. Berapa banyak kubis dan larutan bakteri pengompos yang digunakan?

Bambang Setyabudi
Kota Semarang, Jawa Tengah

Sebanyak 30 kg limbah kubis tambahkan 250 ml EM4 dan 500 gram gula merah.

Konsumsi Biji Kesumba
Apakah tumbuhan kesumba bisa langsung dikonsumsi?

Afrita
Jawa Timur

Kesumba tanaman multifaedah. Beberapa herbalis di tanah air memanfaatkannya untuk mengatasi kolesterol, hipertensi, dan kanker. Bagi perajin kain, kesumba sumber pewarna alami. Masyarakat dapat mengonsumsi biji kesumba dengan pengolahan sederhana.

Olah Biji Kesumba 
Bagaimana cara penggunaan biji kesumba untuk dikonsumsi?

Ahnaf
Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta

Pengolahan biji kesumba yang sederhana dengan merebus. Upayakan api kecil, hingga air mendidih, biarkan 10 menit, lalu saring ketika hangat, dan minum. Cara lain yang agak rumit dengan ekstraksi. Pertama adalah pelarutan biji kesumba dalam larutan basa. Kedua proses ekstraksi pigmen warna dari air larutan pertama dengan pencampuran larutan organik. Ada juga yang menumbuk halus biji kesumba, lalu memasukkan ke dalam minyak yang kemudian memanaskannya.

Belajar Kultur Jaringan
Adakah tempat kursus untuk belajar kultur jaringan?

Nata
Karawang, Jawa Barat

Silakan hubungi Esha Flora, Taman Cimanggu, Kota Bogor, Jawa Barat.

Dekopon akan rajin berbuah bila asupan nutrisi dari pupuk mencukupi.

Buahkan Dekopon
Saya memiliki pohon dekopon berumur 5 tahun. Tanaman belum berbuah. Selama ini saya hanya memangkas supaya bagian atas dari tajuk tidak tinggi. Selain itu saya juga memberikan pupuk kandang 1—2 kali setahun. Bagaimana cara membuahkan jeruk dekopon?

Neily Gustina
Jakarta

Pertahankan tiga cabang utama. Pangkas ranting kecil di tiga cabang utama supaya sinar matahari masuk ke dalam tajuk. Berikan 1—2 sendok makan pupuk kimia Bosca dua pekan sekali ke media tanam tabulampot. Setelah perlakuan itu 3—5 bulan kemudian tanaman berbuah. Pehobi juga memberi 2 sendok makan NPK 16:16:16 setiap 20 hari. Kebutuhan nutrisi kunci dekopon berbuah.

Mengolah Lahan Cabai

Saya akan menanam cabai di lahan bekas tanaman cabai. Bagaimana menyiasati pengolahan lahan? Apakah perlu jeda waktu untuk mengolah lahan? Apakah perlu ditambah perlakuan penyemprotan Trichoderma, Plant Growth-Promoting Rhizobacteria (PGPR), dan penyebaran kapur dolomit?

Biji dari buah kesumba lazim digunakan oleh masyarakat tradisional sebagai pewarna makanan ataupun kain alami.

Murpriono
Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur

Budidaya tanaman berulang di lahan yang sama berisiko terhadap kemunculan berbagai penyakit. Oleh karena itu, perlu perlakuan pengolahan tanah. Cek pH tanah, bila tanah terlalu masam tambahkan kapur dolomit agar pH tanah lebih sesuai dengan kebutuhan berbudidaya cabai. Penggunaan agen hayati trichoderma menetralkan jumlah mikroorganisme penyebab penyakit. Selain itu gunakan fungisida dan bakterisida. Tambahkan pupuk dasar organik dan penggemburan tanah supaya oksigen bisa masuk ke dalam tanah.

Tags: , ,

 

Powered by WishList Member - Membership Software