Mimbar Pembaca Edisi Februari 2021

Filed in mimbar pembaca, Rubrik Tetap by on 01/02/2021

Ayam gorila.

Ayam Gorila

Majalah Trubus edisi November 2020 halaman 96—97 mengulas ayam gorila. Pada artikel itu dijelaskan bahwa ayam gorila merupakam hasil persilangan ayam kampung aseel jantan dengan ayam broiler betina. Apakah ayam kampung aseel sama dengan ayam kampung yang lazim diternakkan di pedesaan?

Subandi
Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur

Ayam aseel merupkan ayam aduan dan berbeda dengan yang dipelihara di pedesaan. Ia merupakan ayam aduan hias yang dinikmati karena bulunya dan bentuknya yang gagah. Jika mengikuti standar warna, bentuk, dan gaya hidup, ayam aseel termasuk ayam kampung. Ayam kampung aseel didapatkan dari pembiakkan yang jelas jalur perkawinannya sehingga murni karakter aseel tanpa tercampur genetika dari ayam kampung jenis lain.

Durian

Durian Enggan Berbuah

Saya memiliki durian lay dari Kalimantan. Pohon durian itu saya tanam di kebun di Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan. Pohon durian lay itu rajin berbunga, bahkan lebat. Namun, bunga-bunga itu gugur dan tidak ada yang menjadi buah. Meskipun saya memberikan pupuk MKP, KNO3, fosfat, dan KCl, tidak ada yang berhasil berbuah. Bagaimanakah cara supaya durian saya tak hanya dapat berbunga lebat, namun juga berbuah?

Veronica
Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan

Durian yang sedang berbunga membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak, sehingga pemberian pupuk mulai pada fase muncul kuncup bunga perlu ditingkatkan. Jika target produksi durian 100 kilogram per pohon setahun, nutrisi yang harus dikembalikan/diberikan ke tanah N 0,32 kg, P2O5 0,25 kg, K2O 0,85 kg, MgO 0,20 kg, CaO 0,39 kg, dan B 0,005 kg (perpohon/tahun). Penyebab lain bunga-bunga rontok sebelum dibuahi, faktor lain pembuahan tidak terjadi karenaberupa hambatan fisik berupa cuaca dan suhu yang ekstrem. Akibatnya vigor benang sari menurun sehingga sulit untuk menyerbuki putik. Anda bisa melakukan penyerbukan secara manual dengan mengoleskan benang sari pada putik sari.

Benih Melon Lekas Disemai

Trubus menganjurkan untuk merendam benih melon dalam air hangat suam-suam kuku selama 4 jam supaya benih lekas tumbuh. Bagaimanakah cara mempertahankan kehangatan air rendaman selama 4 jam? Apakah harus menggunakan pemanas air atau cukup mengganti air hangat ketika sudah mulai dingin?

Ilham Ardiansyah
Daerah Istimewa Yogyakarta

Tidak perlu menggunakan pemanas air, cukup ganti air bila dirasa sudah mulai dingin. Suhu yang optimal 40—50ºC. Anda juga bisa menggunakan termos supaya tidak perlu mengganti air.

Pestisida Nabati & Tungau Merah

Apakah bahan organik yang dapat mengendalikan hama red spider mite (tungau merah) selain minyak mimba?

Belalang

Ariza
Kota Depok, Jawa Barat

Silakan gunakan ekstrak tanaman Oligonychus coffeae, malapari Pongamia pinnata, atau bawang putih. Gunakan 50 g bubuk biji malapari yang dilarutkan pada 1 liter air. Atau gunakan 50 g umbi bawang putih, tumbuk halus, masukkan ke dalam kain. Rendam bungkusan kain dalam 1 liter air yang telah dicampur 0,5 ml surfaktan netral (IG SURF 2115). Setelah itu peras kain berisi tumbukan bawang putih dan saring larutan bawang putih. Air rendaman bubuk biji malapari dan sari bawang putih digunakan untuk menyemprot tanaman selama 5 detik.

Halau Belalang dan Kumbang

Bagaimanakah cara menghalau belalang dan kumbang pada tanaman sawi dengan menggunakan bahan-bahan organik?

Asrul
Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

Penggunaan Plant Growth Promoting Rhizobacteria (PGPR) mencegah serangan hama pada belalang (Valanga nigricornis), belalang berkepala kerucut (Neoconocephalus ensiger), kumbang kura-kura emas (Charidotella sexpunctata), dan kumbang koksi (Coecinella transversalis). PGPR meningkatkan kesehatan dan ketahanan tanaman terhadap serangan hama. Contohnya, PGPR dapat memicu produksi fitohormon dan metabolit pencegah patogen dan serangan hama seperti sianida dan antibiotik.

Tempe

Beli Tempe Herbal

Di manakah saya bisa membeli tempe herbal yang pernah dituliskan di majalah Trubus edisi Desember 2020?

Titis Sudarwati
Daerah Istimewa Yogyakarta

Alamat pembuat tempe herbal, Agus’s Tempe, yaitu: Jl. Amalia, RT009/RW014 No. 24, Kampung Rawabacang, Jatirahayu, Pondok Melati, Bekasi 17444.***

Tags: , ,

 

Powered by WishList Member - Membership Software